Manfaat Pemanas Air Tenaga Solar Untuk Pesantren

Manfaat Pemanas Air Tenaga Solar Untuk Pesantren

Pemanas air tenaga solar memang sudah banyak digunakan di berbagai tempat. Dahulu hanya orang-orang di negara barat atau yang memiliki musim dingin saja yang terbiasa menggunakan air panas dalam kehidupan sehari-hari khususnya untuk mandi. Namun semakin lama, kebutuhan masyarakat juga semakin berkembang. Saat ini masyarakat negara tropis pun mengaplikasikan pemanas air untuk memenuhi kebutuhan air panas mereka setiap harinya.

Manfaat Pemanas Air Tenaga Solar Untuk Pesantren

Tidak hanya masyarakat rumahan, suplai air panas juga dibutuhkan oleh berbagai pihak salah satunya pondok pesantren. Berikut ini adalah daftar manfaat atas penggunaan solar water heater di pesantren.

  • Lebih hemat energi

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang bahwa pemanas air bertenaga matahari hanya menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi utama dalam memanaskan air untuk disalurkan pada para konsumen. Sinar matahari merupakan sumber energi yang dapat diperoleh secara gratis dan mudah tanpa menyebabkan kerusakan lingkungan. Bahkan sinar matahari merupakan sumber daya alam yang terbaharukan. Tidak seperti pemanas air tenaga listrik yang memerlukan energi listrik sebagai energi utama. Perlu diingat bahwa energi listrik merupakan sumber daya alam tak terbarukan. Jika digunakan secara terus menerus, maka akan terjadi krisis energi yang memberikan dampak buruk bagi generasi penerus. Untuk itu, penggunaan pemanas air bertenaga matahari dapat mendukung penghematan energi dan penghematan biaya karena terbabas dari tagihan listrik bulanan.

  • Instalasi lebih mudah

Tak hanya itu, pemanas air tenaga matahari juga memiliki beberapa komponen yang sederhana dan mudah diperoleh. Proses instalasi pemanas jenis ini juga jauh lebih sederhana dan lebih mudah jika dibandingkan dengan pemanas air varian lainnya. Kemudahan instalasi tentu akan berpengaruh pada kinerja unit ini yang juga ikut sederhana dan mudah dipahami.

  • Minim perbaikan dan perawatan

Pesantren merupakan organisasi yang tentu saja hendak menerapkan kehidupan sederhana bagi para santrinya. Meski kebutuhan air panas terpenuhi untuk menjaga kesehatan para santriwan santriwati, namun pemanas air bertenaga matahari tidaklah membutuhkan biaya besar dalam perawatan maupun perbaikan. Pemanas jenis ini terbuat dari material yang berkualitas sehingga awet, tahan lama dan tidak mudah mengalami kerusakan. Untuk itu, pemanas bertenaga surya memang sangat direkomendasikan untuk digunakan di pesantren.

  • Aman digunakan

Yang tidak kalah harus sangat diperhatikan dalam penggunaan pemanas air adalah tingkat keamanannya. Terutama para pengguna di pesantren tentunya masih berada dalam batas usia santri yang perlu lebih dijaga keamanannya. pemanas air tenaga surya memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Tidak seperti pemanas air tenaga listrik yang sangat beresiko. Pemanas air bertanaga surya tidak menghasilkan gas negatif serta tidak memiliki resiko tersengat arus listrik. 

Ternyata ada banyak keunggulan yang dapat diperoleh pihak pesantren maupun para siswa pesantren dalam menggunakan pemanas air tenaga solar. Keunggulan tersebut tentunya akan data membuat pemanas jenis ini menjadi pilihan semakin banyak pihak mulai dari rumahan pribadi hingga gedung komersial.

Oleh: intisolar.com

Manfaat Pemanas Air Tenaga Solar Untuk Pesantren

WhatsApp chat