Artikel, News & Event

Pemanas Air Tenaga Matahari Untuk Kamar Mandi Bagi Bayi

Pemanas air tenaga matahari untuk kamar mandi sudah banyak dipasang oleh masyarakat di rumah pribadi. Mandi dengan air hangat memang masih banyak dilakukan secara konvensional. Cara konvensional yang dimaksud adalah dengan merebus air sampai mendidih lalu mencampurnya dengan air dingin. Termasuk ketika memandikan buah hati yang masih bayi.

Pemanas air tenaga matahari untuk kamar mandi bagi bayi

Namun saat ini cara konvensional dirasa sangat ribet yang justru tidak ekonomis. Perebusan air membutuhkan gas yang tidak diperoleh secara gratis. Berikut ini beberapa alasan mengapa memasang solar water heater untuk kamar mandi sangat direkomendasikan terlebih untuk mandi bayi:

  • Supaya bayi tidak kedinginan

Selama dalam kandungan, bayi terbiasa dengan kehangatan dalam rahim dan perut ibu. Suhu di dalam kandungan cenderung hangat dan stabil. Berbeda ketika bayi sudah lahir ke dunia, suhu udara tentunya akan sangat berbeda jika dibanding dengan suhu sewaktu berada di dalam perut. Karena itulah sangat direkomendasikan atau bahkan diwajibkan bagi para bayi untuk dimandikan menggunakan air hangat. Mandi air hangat biasanya dilakukan sampai bayi berusia balita.

  • Melindungi kulit

Memandikan bayi menggunakan air hangat yang sangat direkomendasikan berasal dari solar water heater juga dapat melindungi kulit bayi. Kulit bayi yang baru lahir masih sangat tipis dan sangat sensitif. Maka itu, sangat diperlukan kehati-hatian supaya tidak terjadi iritasi. Salah satu langkah nya adalah memandikannya dengan air hangat. Terlebih suhu badan yang dimiliki bayi belumlah stabil.

  • Menghindari hipotemia

Seperti yang dijelaskan di atas, bayi memiliki suhu tubuh yang belum stabil. Memandikan bayi menggunakan air dingin sangat berisiko membuatnya jadi kedinginan hingga terserang hipotermia. Bahkan kedinginan yang sangat juga dapat membuat bayi mengalami apno. Apno merupakan sebuah kondisi dimana bayi dapat lupa untuk menghirup udara atau bernafas. Untuk itu, gunakan air hangat dengan suhu tertentu yang dihasilkan oleh pemanas air tenaga solar untuk kamar mandi. Dengan begitu, bayi akan lebih terlindungi dari berbagai masalah yang dapat terjadi seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Tips memandikan bayi dengan air hangat

Sebagai tips, sebaiknya mandikan buah hati yang masih bayi dengan bak mandi yang ukurannya sesuai dengan usia bayi. Mandikan buah hati yang masih bayi secara perlahan dengan posisi bagian leher bayi berada di lengan kiri dan tangan kiri memegang pantat. Jika bayi menangis atau mengangkat kakinya saat dimasukkan ke dalam air hangat tersebut, maka periksa kembali karena kemungkinan suhu airnya kurang tinggi dan membuatnya merasa kedinginan.

Melalui penjelasan di atas, dapat diketahui mengapa bayi harus mandi dengan air hangat dan bagaimana cara memandikan bayi yang benar. Bahkan pemasangan pemanas air tenaga matahari di kamar mandi tak hanya dapat memenuhi kebutuhan buah hati yang masih bayi saja namun seluruh anggota keluarga yang hendak mandi dengan air hangat.

Oleh: intisolar.com