Artikel, News & Event, Teknologi

Pemanas Air Tenaga Surya Untuk Kolam Renang

Pemanas Air Tenaga Surya Untuk Kolam Renang

Pemanas air tenaga surya untuk kolam renang – Solar water heater telah diaplikasikan pada beragam kebutuhan air panas. Mulai dari air panas untuk mandi hingga kolam renang. Pemanas air tidak hanya bersumber dari tenaga surya atau matahari saja. Terdapat tiga sumber enegri untuk pemenas air yakni tenaga surya, listrik dan gas. Namun di antara ketiganya, pemanas air tenaga suryalah yang paling hemat energi dan aman. Hal ini karena sinar matahari merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Cara kerja pemanas air tenaga surya untuk kolam renang

Dapat berenang dan berendam pada kolam renang dengan air hangat tentu saja akan lebih mengasyikkan, terlebih berendam pada air hangat juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Air hangat mampu melancarkan sistem peredaran dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Baru-baru ini telah banyak yang mengaplikasikan cara kerja pemanas air tenaga matahari pada kolam renang. Penggunaan pemanas dengan tenaga surya dinilai lebih hemat karena tidak perlu membayar tagihan listrik dan juga tidak perlu isi ulang gas. Bahkan kinerja tenaga surya sebagai sumber tenaga pemanas juga dinilai lebih cepat dibanding tenaga listrik dan gas. Tak heran jika peminat pemanas air tenaga matahari baik untuk kamar mandi maupun kolam renang saat ini semakin meningkat.

Cara kerja pemanas air solar untuk kolam renang dapat dibilang sangat sederhana. Tidak seribet yang dibayangkan karena kolam renang memiliki volume yang jauh lebih besar dibanding tampungan air biasa. Bahkan ada pula yang meragukan elektabitas air hangat apakah akan dapat bertahan terus ataukah air akan kembali dingin setelah beberapa saat karena pengaruh volume. Jawabannya adalah tidak. Kehangatan air akan terus terjaga karena aliran air hangat akan terjadi terus menerus.

Jadi, cara kerjanya adalah pertama-tama air bersih akan diambil kemudian dialirkan pada penampang surya. Dimana penampang surya ini telah mengumpulkan sinar matahari sepanjang hari. Melalui pipa-pipa kecil degan bahan khusus, air yang sudah dihangatkan oleh penampang akan dialirkan kembali ke kolam renang. Aliran air ini terus menerus terjadi ke dalam kolam sehingga kehangatan air akan selalu terjaga.

Sistem solar water heater juga dilengkapi dengan sistem filtrasi otomatis. Hal ini tentu dapat membuat penggunanya menjadi lebih nyaman karena kebersihan kolam terjaga. Sistem ini juga mengaplikasikan sensor pengatur suhu. Sensor ini akan bekerja untuk mengatur gerakan air serta meningkatkan konversi dari matahari menuju ke air. Apabila air sudah mencapai suhu yang cukup, maka energi panas yang disalurkan sementara, diturunkan atau bahkan dihentikan sesuai keamanan.

Sebenarnya kerja pemanas air tenaga surya untuk kolam renang yang diaplikasikan hampirlah sama dengan yang diaplikasikan pada kamar mandi biasa. Perbedaannya hanya terdapat pada volume air pada kolam renang yang lebih banyak serta kelengkapan sistem filtrasi khusus. Sistem ini digunakan untuk menajag kebersihan air kolam dari berbagai kotoran terutama daun.

Deskripsi: Pemanas air tenaga matahari saat ini semakin diminati bahkan untuk diaplikasikan di kolam renang. Bagaimana cara kerja pemanas air tenaga surya?

Tags: pemanas air tenaga surya untuk kolam renang, pemanas air tenaga matahari, pemanas air tenaga solar, solar water heater