Artikel, News & Event

Pilih Kapasitas Pemanas Air Tenaga Surya Yang Mana Ya?

Pilih kapasitas pemanas air tenaga surya yang mana adalah pertanyaan banyak pihak terutama yang sedang berencana memasang pemanas air solar. Biaya pemasangan pemanas air jenis ini memang lebih tinggi dibanding pemanas air tenaga listrik atau gas. Karena alasan inilah banyak masyarakat yang melakukan penyesuaian aplikasi unit pemanas air tenaga matahari dengan budget yang dimiliki. Namun ternyata tidak hanya budget saja yang perlu diperhatikan atau dijadikan bahan pertimbangan. Kapasitas pemanas air juga perlu diperhitungkan.

Pilih Kapasitas Pemanas Air Tenaga Surya Yang Mana Ya?

Banyak masyarakat yang menginginkan produk dengan harga yang murah. Namun semua ada hukum timbal baliknya. Artinya, produk murah tidaklah menjamin memperoleh hasil kinerja yang baik. Pilihlah produk pemanas air tenaga surya sebagai unit pemanas air pilihan, meskipun investasi awal pemasangan cukup tinggi, namun kinerjanya jauh lebih efektif dibanding pemanas air jenis lainnya.

Dalam pemilihan unit pemanas air solar, tidak bisa dilakukan hanya dengan ilmu kira-kira. Seperti saat membangun rumah, ketika mengaplikasikan pemanas air tenaga matahari juga harus dilakukan perhitungan dan pertimbangan yang tepat. Langkah ini akan memberikan pengaruh yang sangat positif terhadap kinerja unit pemanas air. Tak hanya dapat memenuhi kebutuhan suplai air panas atau hangat, aplikasi unit pemanas air tenaga matahari juga dapat meningkatkan penghematan energi.

Seperti yang telah diketahui, unit pemanas air tenaga matahari menggunakan sinar matahari saja sebagai sumber energi utamanya. Dimana sinar matahari merupakan sumber daya alam dapat diperbaharui sehingga tak menjadi masalah jika terus menerus dipakai. Berbeda dengan pemanas air tenaga listrik atau gas yang sumber energi utamanya merupakan sumber daya alam tak terbarui. Jika digunakan secara terus menerus, konsekuensi yang harus diambil adalah terganggunya keseimbangan alam.

Terlebih pemanas air tenaga listrik dan gas menghasilkan asap, gas karbondioksida dan polutan bercaun lainnya yang jika dibiarkan terus menerus akan mengganggu kesehatan manusia, lingkungan dan makhluk hidup lainnya.

Supaya penggunaan solar water heater semakin efektif, maka perhitungan kapasitas pemanas ini wajib diperlukan. Langkah pertama adalah hitunglah jumlah orang yang hendak menjadi pengguna air panas tersebut. Perhitungan kasarnya, komponen panel kolektor tabung atau tube berkapasitas 10 liter mampu mengkover kebutuhan satu orang pengguna. Jadi jika ada 10 pengguna, maka kapasitas panel tube yang diperlukan ialah yang berkapasitas 100 liter untuk 2 kali mandi/penggunaan. Sedangkan untuk panel flat diperlukan yang berkapasitas 150 hingga 200 liter untuk memenuhi kebutuhan 10 pengguna.

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa jawaban atas pertanyaan pilih kapasitas pemanas air tenaga surya yang mana dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. Semakin banyak pengguna atau titik keran air panas, maka semakin besar pula kapasitas pemanas air yang dibutuhkan agar seluruh kebutuhan terpenuhi.

Sumber: intisolar.com