Tips Membuat Pemanas Air Tenaga Surya Agar Efisien

Tips Membuat Pemanas Air Tenaga Surya Agar Efisien

Pemanas air tenaga matahari saat ini menjadi salah satu perabot elektronik yang banyak dibutuhkan masyarakat. perangkat ini berfungsi untuk menyuplai kebutuhan air panas dalam kehidupan sehari-hari. Air panas banyak dibutuhkan untuk mandi hinga keperluan rumah tangga lainnya. Meski sudah banyak diaplikasikan di perumahan, namun banyak masyarakat yang hanya mengulir kran untuk mendapatkan air panas tanpa memikirkan kinerja yang sesungguhnya.

Tips Membuat Pemanas Air Tenaga Matahari Agar Efisien

Penggunaan pemanas air dengan memanfaatkan tenaga matahari secara efektif dan efisien harus diketahui oleh masyarakat. Dengan begitu, penggunaan solar water heater dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan hingga lingkungan. Berikut beberapa tipsnya.

  • Menggunakan pemanas air yang efisien

Yang pertama harus kita pastikan adalah kinerja dari pemanas air itu sendiri, apakah pemanas air yang kita gunakan sudah merupakan yang terbaik atau tidak. Jika memang kita sudah menggunakan pemanas air yang baik, tentunya pemanas air tersebut dapat dengan efisien memanaskan air dengan waktu yang singkat. Dengan demikian waktu kerja mesin menjadi lebih singkat dan kinerja menjadi lebih ringan.

  • Menggunakan isolasi

Isolator merupakan bahan yang tidak dapat menyerap panas. Untuk itu, akan menjadi lebih optimal apabila isolasi juga dipasangkan pada mesin pemanas air yang memanfaatkan tenaga surya. Kinerja isolasi disini sama halnya dengan pemasangan isolasi di dinding rumah yang membuat penghuninya menjadi lebih nyaman. Isolasi pada pemanas air tenaga matahari yang paling baik adalah menggunakan bahan fiberglass yang dapat menahan panas secara efektif. Selain fiberglass, Anda juga dapat menggunakan heat trap yang mampu menjaga atau mengurangi suhu panas.

  • Melakukan pengaturan suhu panas

Masing-masing pemanas air yang memanfaatkan sinar matahari telah memiliki fitur sendiri-sendiri. Salah satu fitur yang ada adalah pengaturan suhu yang dapat membuat pengguna dapat menentukan suhu atau panas air yang diinginkan. Sebagai langkah efisiensi dan tindakan penyelamatan, sebaiknya suhu diatur hingga 120 derajat Fahrenheit saja. Nilai suhu ini sangat pas untuk digunakan mandi serta kebutuhan yang lainnya. pengaturan suhu panas ini juga dapat membuat pemanas air tenaga solar menjadi lebih tahan lama.

  • Menganti pemanas air

Penggantian mesin pemanas air perlu dilakukan secara berkala. Normalnya, pemanas air yang memanfaatkan tenaga solar memiliki masa pakai yang jauh lebih lama dibandingkan dengan pemanas air tenaga listrik atau gas. Umumnya, pemanas air tenaga surya harus sudah diganti setelah 7 tahun pemakaian. Namun pemakaian pemanas ini juga dapat diperpanjang hingga 15 tahun. Kuncinya, perawatan harus dilakukan dengan baik dan rutin. Jika ada masalah atau kerusakan, segera hubungi ahli.

Ternyata ada banyak cara yang terangkum dalam tips membuat pemanas air tenaga matahari menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan melakukan beberapa tips di atas, penggunaan pemanas air yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi utama tentu akan menjadi jauh lebih optimal.

Sumber: intisolar.com

WhatsApp chat