Cara Memperbaiki Water Heater Matahari yang Bermasalah Secara Mandiri

Cara Memperbaiki Water Heater Matahari yang Bermasalah Secara Mandiri

Bagi sebagian orang, water heater matahari yang sedang bermasalah cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Merujuk langsung ke buku manual water heater, Anda tidak perlu panik jika water heater mengalami kerusakan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan sendiri di rumah agar pemanas kembali normal. Berikut adalah cara memperbaiki water heater sendiri di rumah berdasarkan jenis kerusakannya.

Cara Memperbaiki Water Heater Matahari yang Bermasalah Secara Mandiri

1. Suhu air terlalu panas

Jika Anda merasa suhu air terlalu panas, langsung saja periksa termostat water heater. Jika terlalu panas, putar bagian depan unit dengan cara diturunkan memutar arah jarum jam berlawanan.

Apabila Anda merasa suhu air terlalu dingin, naikkan dial termostat di bagian dengan cara memutar searah jarum jam. Pada saat pemanas menyala, lampu indikator khususnya akan menyala untuk menunjukkan jika mesin sedang beroperasi.

2. Lampu indikator tidak menyala

Jika lampu indikator pemanas air tenaga solar yang Anda gunakan di rumah tiba-tiba tidak mau menyala saat sakelar dinyalakan. Segera lakukan pengecekan di stop kontak mesin pemanas. Apabila stop kontak berfungsi, lepas unit dan penutup plat yang ada di depan untuk mengakses tombol reset pemanas.

Apabila lampu indikator sudah normal, tetapi suhu air tidak naik-naik setelah 30 menit. Anda harus segera mengganti elemen pemanas air tersebut dengan yang baru dan jangan ditunda lagi.

3. Air berwarna

Air berwarna disebabkan karena anoda magnesium sudah memburuk. Sehingga anoda magnesium ikut larut bersamaan dengan air. Itulah sebabnya air dari tangki tiba-tiba berubah menjadi berwarna.

Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya buang semua air yang ada di dan tangki dan ganti anoda magnesium dengan yang baru. Jadinya air pemanas akan kembali normal.

Selain itu, melakukan perawatan anoda magnesium juga penting agar benda tersebut tidak mudah larut. Dengan begitu tangki Anda akan aman dan kegiatan sehari-hari keluarga pun tidak akan terganggu.

4. Instalasi pipa

Setiap pipa yang diinstalasi di pemanas air tenaga surya tentunya harus dipasang secara terisolasi (dieletrik). Keuntungan yang Anda dapat jika menggunakan metode pemasangan ini adalah dapat terhindar dari korosi logam yang berbeda-beda.

Hal yang harus Anda ketahui adalah pipa air dingin tidak memiliki katup ataupun perlindungan. Justru pipa air dingin didesain secara khusus agar tetap normal di dalam pemanas air saat proses berjalan menuju saluran masuk. Selain itu, ekspansi terminal juga mampu meningkatkan tekanan tangki ke tekanan elemen atau suhu pemanas.

Jadi itulah tadi 4 cara memperbaiki water heater matahari berdasarkan jenis kerusakannya. Terlepas dari rumitnya proses servis saat pemanas rusak, tetap saja water heater mampu menghadirkan banyak keunggulan. Terlebih lagi peran water heater dalam kehidupan sehari-hari benar-benar tidak bisa dijauhkan karena sangat berguna untuk segala kebutuhan.

 

Oleh: intisolar.com

Cara-Memperbaiki-Water-Heater-Matahari-yang-Bermasalah-Secara-Mandiri

WhatsApp chat