Cara Mengatasi Kebocoran Pada Pemanas Air Tenaga Matahari

Cara Mengatasi Kebocoran Pada Pemanas Air Tenaga Matahari

Adanya kerusakan pada pemanas air tenaga matahari pastinya membuat Anda berpikir keras bagaimana cara membenarkannya. Walaupun jasa servis mesin pemanas berhamburan, tak ada salahnya untuk memperbaiki sendiri. Terlebih lagi jika masalah mesin cukup ringan seperti terjadinya kebocoran.

Cara mengatasi kebocoran pada pemanas air tenaga matahari

  • Lakukan pengecekan

Jika mesin terjadi kebocoran, hal pertama yang harus dilakukan adalah pengecekan. Ketahui penyebab, bagian mana yang bocor, serta seberapa parah kebocoran tersebut. Dengan begitu proses perbaikan akan lebih mudah jika Anda sudah mengetahui permasalahannya.

  • Matikan aliran air

Jika masalah dan penyebab sudah diketahui, selanjutnya matikan aliran air pemanas air tenaga solar. Kosongnya tangki penyimpanan air sampai benar-benar habis. Caranya, ambil pemanas dari dudukan kemudian lepas semua pipa yang menempel di setiap sisi.

Kosongkan tangki sampai benar-benar kosong tak bersisa. Pastikan pipa bagian dalam kering, jika sudah, lepaskan juga bagian pslexiglas agar bisa mengakses bagian pipa dalam.

  • Lakukan perbaikan

Semua komponen sudah dilepas, selanjutnya melakukan perbaikan terhadap masalah pemanas. Jika pipa yang digunakan pemanas terbuat dari logam dan tembaga, Anda hanya perlu menambalnya saja. Atau bisa juga menggunakan polesan sealant ke lubang bocor.

Jika pipa yang digunakan bahan PVC, maka Anda harus menggantinya dengan pipa baru. Caranya, potong bagian pipa yang bocor dan segel bagian tersebut, lalu sambungkan dengan pipa baru. Bahan pipa PVC tidak bisa ditambal ataupun dipoles. Jadi sangat penting untuk mengetahui bahan apa yang digunakan oleh pipa pemanas Anda sendiri.

  • Pengecatan

Jika pipa pemanas air tenaga surya sudah diganti dengan yang baru. Selanjutnya cat bagian pipa tersebut, proses ini bertujuan agar warna pipa tidak berbeda. Jika pipa sudah dicat, langsung dudukkan kembali pemanas ke tempat asal.

Langsung hubungkan ke sumber air dan lakukanlah pengetesan. Buka aliran air pemanas lalu perhatikan, apakah masih bocor atau tidak. Jika tidak lagi bocor, maka permasalahan sudah teratasi dengan baik. Jika belum, sepertinya Anda harus menghubungi jasa servis terdekat agar kerusakan tidak semakin parah.

Cara mencegah kerusakan pemanas

  1. Kuras tangki penampungan pemanas secara rutin. Hal ini sangat penting karena apabila tangki tidak dibersihkan, maka endapan yang ada di dalam tabung akan terkumpul. Jadinya air tangki akan keruh dan berbau.
  2. Kuras alur panel kolektor. Selain menguras tangki, menguras bagian panel kolektor juga penting agar kerak-kerak di bagian tersebut hilang.
  3. Periksa kondisi di bagian valve inlet dan outlet. Pemeriksaan ini penting agar air panas yang mengalir tetap bersih maksimal.
  4. Cek anoda karbon agar tangki tidak mudah bocor
  5. Cek kelistrikan elemen pemanas untuk memback-up.

Itulah tadi cara memperbaiki kebocoran pada pemanas air tenaga matahari. Pemanas yang bocor memang sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Bagaimana tidak, karena air hangat yang digunakan bersumber dari sana. Apabila pemanas aman, maka Anda tidak perlu lagi repot-repot memasak air hangat karena air sudah tersedia selama 24 jam dari pemanas.

 

Oleh: intisolar.com

Cara-Mengatasi-Kebocoran-Pada-Pemanas-Air-Tenaga-Matahari

WhatsApp chat