Cara Merawat Water Heater Matahari Bagian Luar dan Dalam

Cara Merawat Water Heater Matahari Bagian Luar dan Dalam

Mulai dari kerusakan ringan ataupun berat bisa saja menyerang water heater matahari. Jadi itulah sebabnya sangat penting untuk merawat pemanas air secara rutin agar tidak timbul kerusakan. Bagaimana cara merawatnya? Berikut adalah tips merawat pemanas air untuk bagian luar dan dalam.

Tips merawat solar water heater bagian luar dan dalam

  • Bagian luar:
  1. Bersihkan panel kolektor

Bersihkan panel kolektor pemanas secara rutin menggunakan air larutan pembersih kaca, atau bisa juga menggunakan air sabun. Bersihkan sampai benar-benar bersih, kemudian bilas dan lap lagi sampai benar-benar kering.

  1. Melakukan pemeriksaan

Selain membersihkan, melakukan pemeriksaan bagian dalam mesin pemanas air tenaga solar juga penting. Misalnya pada komponen valve mesin, ada atau tidaknya kebocoran di sana. Serta periksa juga bagian kelistrikan mesin, tujuannya agar tidak terjadi korsleting.

  1. Gunakan air bersih

Untuk mengisi tangki, selalu gunakan air bersih yang tidak mengandung zat apa pun. Air yang bersih berfungsi agar saluran air pemanas tidak tersumbat, sehingga penggunaan air hangat tetap lancar.

Menggunakan air bersih juga dapat terhindar dari tumpukan mineral di dalam tangki. Sehingga air pemanas tidak mudah keruh dan bau. Jadinya air akan tetap aman dikonsumsi untuk keluarga tanpa harus khawatir lagi.

  1. Ganti magnesium anoda

Normalnya, penggantian magnesium anoda dilakukan sekali dalam 2 tahun. Magnesium anoda berfungsi untuk membersihkan kotoran dan melembutkan air. Jika tidak diganti, maka pemanas dan air akan timbul beberapa masalah serius.

Bahkan penggunaan magnesium anoda ini juga mampu melindungi tangki pemanas dari karat dan korosi. Jadi itulah sebabnya bagian ini sangat penting untuk diganti secara rutin agar air pemanas air tenaga surya tidak mudah bermasalah. Misalnya keruh, bau, dan lainnya.

  1. Bersihkan sambungan

Baik itu sambungan pipa ataupun sambungan arus listrik. Selalu periksa dan bersihkan agar fungsi dari kedua bagian tersebut tetap normal dan maksimal. Dengan begitu mesin akan terhindar dari kebocoran dan masalah lainnya.

  • Bagian dalam:

Lakukan pengurasan tangki air secara rutin. Berikut caranya:

  1. Putuskan semua aliran listrik alat pemanas
  2. Tutup stok keran yang ada di bagian inlet
  3. Lepas bagian Relieve Valve lalu buka semua dop/plug di bagian bawah panel kolektor. Kuras semua alat
  4. Apabila air sudah terkuras, pasang lagi bagian dop dan Relieve Valve yang terbuka tadi
  5. Di dalam panel, panaskan alur air  dengan cara dijemur selama 1 sampai 2 jam.
  6. Jika sudah, isi kembali dengan air dingin lalu hangatkan kembali air di dalam tangki.

Demikianlah tadi tips merawat water heater matahari yang tepat untuk bagian luar dan dalam. Hadirnya alat pemanas dalam kegiatan sehari-hari memang sangat membantu. Bahkan dalam fungsinya, pemanas air mampu menyediakan air hangat selama 24 jam, sehingga Anda tidak perlu memasak untuk mendapatkan air hangat.

 

Oleh: intisolar.com

Cara-Merawat-Water-Heater-Matahari-Bagian-Luar-dan-Dalam

WhatsApp chat