Cara Perawatan Terbaik Water Heater Surya di Rumah

Cara Perawatan Terbaik Water Heater Surya di Rumah

Ada banyak sekali manfaat jika Anda menggunakan water heater surya untuk kegiatan sehari-hari. Selain memudahkan segala aktivitas, memiliki water heater juga dapat menghemat biaya listrik bulanan. Agar water heater awet dan tahan lama, tentunya Anda harus memikirkan mengenai cara perawatan yang tepat seperti berikut.

Cara merawat water heater surya yang tepat

  1. Dirawat secara rutin

Rawat water heater secara rutin dengan cara membersihkan setiap komponennya agar tidak mudah rusak. Contoh salah satu komponen water heater yang paling mudah kotor adalah tangki. Jadi Anda wajib membersihkannya minimal satu bulan sekali.

Jika tidak, maka di dalam tangki akan menumpuk endapan kerak dan bakteri. Itulah sebabnya air water heater tiba-tiba berubah warna dan berbau. Selain itu, tumpukan endapan bakteri tersebut juga akan sangat berbahaya bagi tubuh dan kesehatan.

  1. Melakukan pengecekan rutin

Selain dibersihkan, pemanas air tenaga matahari juga wajib dicek secara rutin. Terlebih lagi di bagian komponen mesin-mesinnya. Melakukan pengecekan secara rutin tentunya sangat penting agar ketika water heater mengalami kerusakan, maka bisa diketahui dengan cepat.

Sehingga kerusakan tersebut tidak akan merembet ke bagian komponen lain. Tidak harus dilakukan setiap bulan, Anda juga bisa melakukan pengecekan minimal satu kali dalam tiga bulan.

Pengecekan ini sudah mencakup pengecekan semua komponen mesin water heater. Termasuk sistem mesin Valve, listrik, dan perangkat lainnya.

  1. Periksa aliran listrik

Jika mesin water heater sudah diperiksa, Anda juga harus memeriksa aliran listrik water heater. Periksa dan bersihkan bagian yang ada di sambungan water heater. Tujuan pemeriksaan ini adalah untuk mencegah korsleting di bagian listrik atau beberapa hal yang tak diinginkan lainnya.

  1. Rutin mengganti magnesium anoda

Mengganti magnesium anoda pemanas air tenaga solar secara rutin dan teratur sangat penting agar tidak rusak. Magnesium anoda adalah sejenis saringan yang terpasang di tangki.

Fungsinya untuk menyaring batu atau pasir yang ada di air agar tidak merusak perangkat dan komponen dalam water heater. Jika magnesium anoda tidak diganti secara rutin, jadinya komponen bagian dalam akan rawan terkena masalah.

  1. Wajib pasang keamanan ganda

Cara merawat water heater yang terakhir adalah wajib memasang keamanan ganda. Keamanan ganda yang bisa Anda gunakan adalah jenis ELCB yang bisa dinstalasi walaupun listrik belum terhubung.

Memasang keamanan ganda pada water heater sangat penting agar mesin tidak mudah terkena korsleting. Jadinya menggunakan water heater bersama keluarga akan jauh lebih aman dengan memasang ELCB.

Demikianlah tadi cara merawat water heater surya yang tepat agar aman digunakan untuk keluarga. Water heater kini hadir sebagai benda elektronik yang mampu memudahkan manusia dalam menyediakan air hangat. Jika Anda tertarik menggunakan water heater, jangan lupa untuk menerapkan tips di atas agar penggunaan water heater awet.

 

Oleh: intisolar.com

Cara-Perawatan-Terbaik-Water-Heater-Surya-di-Rumah

WhatsApp chat