Artikel

Cara Membersihkan Dispenser dengan Pemanas Air Tenaga Solar

Tidak heran mengapa banyak orang yang menggunakan pemanas air tenaga solar untuk kebutuhan di rumah saat ini. Tidak hanya untuk air minum, ternyata masyarakat juga menggunakan air panas ini untuk mencuci dispenser agar lebih bersih.

Cara membersihkan dispenser dengan pemanas air tenaga solar

  1. Cabut kabel yang menyambung ke listrik

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencabut kabel yang menyambungkan aliran listrik ke dispenser. Hal ini karena dapat memicu risiko kesetrum apabila membersihkan dispenser tanpa mencabut kabel terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, hal ini dilakukan juga untuk melindungi bagian kabel supaya tidak basah ketika dibersihkan. Karena kabel yang basah bisa mengakibatkan korsleting sehingga dapat membuat dispenser rusak.

  1. Melepaskan komponen-komponen yang hendak dibersihkan

Sebaiknya lepaskanlah terlebih dahulu komponen-komponen dari mesin dispenser ketika membersihkan bagian-bagian yang susah untuk dijangkau. Melepaskan komponen tersebut akan memudahkan proses membersihkan dispenser, walaupun terlihat rumit dilakukan.

  1. Menggunakan larutan pembersih dari bahan alami

Gunakanlah bahan alami untuk membersihkan dispenser supaya tidak meninggalkan bau yang tidak sedap. Disarankan untuk menggunakan jeruk nipis yang dicampur dengan sedikit air panas dari solar water heater.

Selain jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan sabun cuci piring yang sudah diklaim aman apabila tidak sengaja tertelan. Langkah ini untuk berjaga-jaga meminimalisir akibat yang mungkin akan terjadi.

  1. Bersihkanlah bagian penting lebih dulu

Pakailah air panas untuk merontokkan kotoran yang menempel di dispenser. Isilah dispenser menggunakan air hangat yang dicampur sabun cuci piring, diamkan beberapa menit lalu keluarkanlah air itu melalui keran dispenser.

  1. Membersihkan keran dispenser

Bagian keran ini wajib dibersihkan dari kerak-kerak kotoran yang menempel karena keran dispenser menjadi saluran keluarnya air minum yang dikonsumsi. Caranya ialah dengan menggunakan perasan air jeruk, lalu gosokkan pada keran bagian luar dan dalam secara bergantian.

Setelah itu, bilaslah keran dengan air hangat hingga tidak ditemukan lagi kotoran yang menempel di keran dispenser. Air hangat ini berfungsi membunuh kuman dan bakteri yang tak terlihat.

  1. Membersihkan bagian pipa dispenser

Lepaskanlah pengunci dan penahan yang terletak di sekitar pipa, lalu bersihkan dengan cairan pembersih dan bilas dengan pemanas air tenaga matahari. Apabila pipa tidak bisa copot maka isilah galon air hangat yang telah dicampur jeruk nipis, keluarkan airnya melalui keran.

  1. Mengeringkan semua bagian dispenser

Setelah seluruh bagian dispenser terlihat bersih dan tidak menimbulkan aroma yang tidak sedap, maka keringkan dispenser dengan lap. Pastikan bahwa seluruh bagian dispenser telah benar-benar kering sebelum dispenser dirakit kembali menjadi utuh.

Jangan lupa untuk mengeringkan juga bagian luar dispenser. Jika bagian dalam dispenser telah bersih, maka seharusnya bagian luar juga tidak boleh ada kotoran sedikit pun.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk membersihkan dispenser adalah dengan pemanas air tenaga solar. Seluruh kotoran pada dispenser akan rontok dan bisa digunakan untuk menyimpan air minum dengan bersih.