Artikel

Cara Membersihkan Ikan dengan Solar Water Heater

Solar water heater merupakan metode yang efektif untuk menghasilkan air panas secara cepat. Pemanas air ini sudah terbukti sangat membantu kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Tidak terkecuali juga digunakan untuk membersihkan ikan yang akan dimasak.

Cara membersihkan ikan dengan solar water heater

  1. Rendam ikan dengan air hangat beserta jeruk nipis dan garam

Ambillah wadah dengan ukuran yang cukup untuk memuat ikan, lalu masukkan air hangat, jeruk nipis dan garam. Selanjutnya tuangkan air yang sudah dicampur kedua bahan tersebut pada ikan dan balurkan secara merata.

Cara ini dilakukan agar mengurangi bau amis yang terdapat pada ikan. Memberinya air hangat bertujuan untuk memudahkan ketika membuang sisik-sisik ikan yang cukup a lot. Namun ingat, air yang digunakan tidak boleh terlalu panas karna bisa membuat ikannya rusak.

  1. Gunakanlah sarung tahan

Disarankan agar menggunakan sarung tangan ketika ingin membersihkan ikan agar tidak terkena sisik ikan yang cukup tajam. Pilihlah sarung tangan yang terbuat dari bahan plastik atau karet sehingga terhindar dari bau amis yang menyengat.

  1. Pakailah talenan kayu

Ikan yang telah direndam dengan pemanas air tenaga surya bisa ditiriskan ke talenan kayu yang teksturnya agak kasar. Dengan cara ini Anda akan lebih mudah membersihkan sisik ikan karena posisinya tidak mudah bergeser saat dibersihkan.

  1. Gunakan bagian pisau yang tumpul

Sisik ikan tidak akan terlalu keras lagi ketika sudah direndam air, karena itulah sebaiknya gunakan bagian tumpul pada pisau. Taruh ikan dengan posisi miring di atas talenan agar sisiknya lebih mudah terkelupas pada saat dikikis.

  1. Jangan menekan pisau

Cara menyisik ikan adalah dengan mengikisnya dari bagian ekor ke arah kepala. Namun, jangan terlalu menekan pisau saat menyisiknya karena bisa menyebabkan daging ikan jadi terbelah dan sisiknya berhamburan jauh.

  1. Gunakan plastik berukuran besar

Untuk mencegah sisik berjatuhan di lantai maka sebaiknya pakailah plastik berukuran besar untuk membersihkannya. Caranya adalah masukkan talenan ke dalam plastik besar, lalu lepaskan disisik di dalamnya. Dengan begitu sisik akan langsung jatuh ke plastik.

  1. Siram dengan air mengalir

Putarlah keran untuk mendapatkan air hangat yang alirannya berasal dari pemanas air tenaga solar guna mencuci ikan. Air mengalir dibutuhkan supaya lebih cepat membersihkan sisa-sisa sisik yang masih menempel pada ikan.

Bersihkan pula bagian dalam perut ikan hingga darahnya benar-benar bersih. Anda juga bisa kembali membalurnya dengan air jeruk apabila ikan masih bau amis menyengat. Namun jangan lupa untuk mencucinya lagi di bawah keran yang mengalir.

Membersihkan ikan menggunakan solar water heater dan dicampur dengan jeruk nipis dan garam ternyata membuat sisiknya lebih mudah mengelupas. Cara ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan saat dicuci.