Artikel

3 Cara Jaga Kebersihan Masker Kain Dengan Pemanas Air Tenaga Matahari

Membersihkan masker kain menggunakan pemanas air tenaga matahari merupakan salah satu cara untuk menjaga masker kain agar tetap higienis dan steril. Masker kain merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari dalam menjalani gaya hidup new normal selama pandemi masih berlangsung.

Sebelum adanya masker kain, banyak masyarakat yang menggunakan masker medis. Namun tahukan Anda bahwa masker medis hanya dapat digunakan sekali pakai dan sulit terurai? Tentunya ini akan berdampak buruk pada lingkungan alam. Selain itu para tenaga medis akan tetap menggunakan surgical mask karena sesuai dengan kebutuhannya.

Sebagai warga masyarakat yang peduli dengan lingkungan tentunya masker kain menjadi solusi akan hal ini. Harganya yang ekonomis dan sifatnya yang eco-friendly menjadikan masker kain banyak dipilih oleh masyarakat.

Tak hanya itu, saat ini masker kain telah menjadi salah satu trending fashion yang digunakan dalam keseharian terutama bagi Anda yang banyak melakukan aktivitas di luar, Oleh karena itu akan lebih baik menggunakan masker kain yang berstandar kesehatan dan merawatnya agar tetap higienis.

Cara efisien jaga kebersihan masker kain dengan pemanas air tenaga matahari

  1. Merendam masker kain dengan air panas

Masker kain berfungsi sebagai penghalang masuknya virus atau kuman melalui hidung dan mulut. Sedangkan virus dan kuman tidak dapat dilihat dengan kasat mata. Terlebih lagi saat pandemi masih berlangsung, Anda perlu waspada terhadap penyebaran Covid-19. Maka hal yang pertama dilakukan adalah merendam masker kain dengan air panas.

Lakukan proses perendaman selama 10-15 menit dengan menggunakan air panas dari mesin water heater. Karena membersihkan masker kain harus dilakukan dengan rutin mengingat betapa seringnya menggunakan masker kain, maka pastikan water heater yang dimiliki mendapat solar water heater service dengan baik.

  1. Mencuci dengan detergen antibakteri

Mencuci masker kain dapat menggunakan mesin cuci ataupun secara manual. Fungsi dari detergen ini adalah mengangkat kotoran ataupun noda yang terdapat pada masker kain yang bersinggungan langsung dengan udara luar.

Selain itu, untuk memberikan jaminan perawatan yang maksimal pada masker kain maka gunakanlah detergen yang mengandung antibakteri agar tetap steril selama masker tersebut belum digunakan. Kandungan antibakteri yang ada pada detergen juga mampu menangkal virus dan bakteri ketika menggunakan masker kain tersebut.

  1. Menjemur masker kain

Sebelum dilakukan proses penjemuran, Anda dapat menambahkan pewangi pakaian agar masker kain memiliki aroma yang nyaman dihirup karena bersentuhan langsung dengan indra penciuman. Proses perendaman air panas yang dilakukan di awal juga dapat menghilangkan bau tidak sedap yang berasal dari udara luar.

Bagi Anda yang berdomisili di daerah ibu kota, Anda dapat memesan jasa servis water heater di Jakarta seperti di daerah Pasar Minggu, Rawabadak, Kebon Jeruk dan masih banyak lagi. Proses terakhir adalah menjemur masker kain di bawah terik sinar matahari secara langsung agar masker kain tidak lembap dan kering dengan sempurna.

Demikianlah cara yang efisien dalam membersihkan masker kain secara rutin dengan menggunakan pemanas air tenaga matahari.

 

Oleh: intisolar.com