Artikel

4 Guna Pemanas Air Tenaga Matahari Untuk Ibu Hamil

Pemanas air tenaga matahari dapat menjadi solusi bagi ibu hamil yang rentan merasakan pegal, lemas ataupun nyeri ketika sedang mengandung. Ibu hamil cenderung sering kali merasakan badan yang pegal-pegal karena pertumbuhan janin yang ada di dalam perut membuat jaringan penyokong atau ligamen ibu menjadi regang.

Perubahan hormon, perasaan stres, bertambahnya berat badan hingga flu dapat menyebabkan kondisi badan ibu hamil menjadi tidak nyaman. Mandi air hangat akan memberikan manfaat yang baik untuk mengatasi permasalahan kondisi tersebut.

Manfaat mandi air hangat dari pemanas air tenaga matahari bagi ibu hamil

  1. Membantu Relaksasi Tubuh

Kerap kali otot-otot tubuh menjadi tegang sehingga hal ini membuat kondisi tubuh menjadi tidak nyaman. Selain itu, otot-otot tubuh yang tegang dapat menghambat aktivitas bunda sehingga pekerjaan menjadi tidak maksimal.

Rasa nyeri dan kram juga dapat menyerang bunda dengan tiba-tiba, terutama pada bagian punggung bawah. Pemanas air tenaga matahari dapat digunakan bunda untuk mandi air hangat dengan praktis ketika masalah kondisi tubuh tersebut menyerang.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ibu hamil biasanya mengalami insomnia atau gejala susah tidur. Penyebabnya bisa berasal dari perasaan stres atau banyak pikiran yang dialami bunda. Menambahkan essential oil dapat bermanfaat sebagai aroma terapi seperti lemon yang berguna untuk memperbaiki suasana hati.

  1. Memperbaiki Cairan Ketuban

Ketika mandi dengan air hangat, bunda juga bisa menambahkan garam Epsom untuk memperbaiki cairan ketuban. Terkadang ibu hamil mengalami masalah seperti kekurangan cairan ketuban dan kualitas cairan ketuban yang kurang. Masalah demikian dapat berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan janin.

  1. Meredakan Pembengkakan

Karena bertambahnya berat badan pada ibu hamil, salah satu kondisi yang dialami adalah pembengkakan di area pergelangan kaki atau biasa disebut edema. Pembengkakan yang tidak nyaman ini dapat mengganggu ibu hamil dalam beraktivitas. Maka dari itu untuk mengatasi masalah ini, mandi dengan air hangat bisa menjadi solusi meredakan edema.

Pemakaian pemanas air tenaga matahari atau solar yang cukup sering juga memerlukan perhatian yang tinggi terhadap perawatannya. Anda perlu mengetahui kapasitas water heater yang dimiliki terlebih dahulu. Biasanya kapasitas water heater antara 6 hingga 10 liter.

Masalah yang dialami oleh pemilik water heater biasanya dapat berupa tidak dapat memproduksi air panas dan proses produksi air panas sangat lambat. Solar water heater service dapat dilakukan secara berkala yaitu setiap 1 hingga 2 bulan untuk cek fisik, dan setiap 6 bulan untuk kontrol sistem kerja solar water heater.

Bagi Anda yang sulit melakukan perawatan pemanas air tenaga matahari secara personal, Anda dapat menghubungi jasa service water heater yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Contohnya bila Anda tinggal di daerah Jakarta, maka Anda dapat mencari jasa service water heater di Jakarta melalui internet.

 

Oleh: intisolar.com