Artikel

6 Perbedaan Instant Water Heater Dengan Water Heater Tangki

Di Indonesia terdapat 2 jenis water heater yang paling sering digunakan yaitu water heater instant dan water heater tangki. Perbedaan mendasar adalah water heater instant tidak memerlukan tangka seperti yang ada pada water heater solar terbaik yang sering dilihat. Lebih jelasnya silahkan simak info berikut:

Perbedaan water heater instant dan water heater tangki

1. Segi tekanan air panas

Instant water heater menggunakan sistem untuk mengurangi tekanan air. Digunakan flow restrictor yang dipasang di sistem pemanasan instant sehingga bisa dipanaskan secara perlahan saat melewati water heater. Berbeda dengan tangki water heater yang tidak menggunakan sistem pengurangan tekanan air sehingga air mengalir ke dalam tangki dengan laju dan tekanan tinggi untuk selanjutnya didorong keluar tangki dengan laju dan tekanan yang sama. Pemanas air tenaga surya dengan tangki juga sering memakai sistem ini.

2. Segi suhu

Pada instant water heater, saling berhubungan antara tekanan air panas dengan suhu panas yang konsisten. Jika airnya bertekanan rendah, air panas yang mengalir keluar bervolume kecil maka suhu air tersebut yang mengalir ke pemakainya tidak konsisten. Sedangkan water heater tangki menghasilkan air dengan tekanan yang baik sehingga air yang akan digunakan oleh pemakai dengan suhu stabil.

3. Kesesuaian dengan tipe shower

Water heater instant dapat dipadukan dengan hanya sedikit tipe shower dengan laju aliran air yang kecil disebabkan rendahnya  tekanan air. Sedangkan water heater tangki  bisa digunakan untuk semua jenis shower karena memiliki tekanan tinggi seperti shower tangan biasa, bathub atau rain shower. Selain itu, suhu panas airnya tinggi sehingga menghasilkan steam effect. Untuk hasil yang lebih baik tentunya digunakan water heater solar terbaik.

4. Tingkat harga

Water heater tangki tersedia dengan ukuran yang beragam mulai dari ukuran 25 liter hingga 400 liter. Sehingga disarankan untuk digunakan oleh rumah yang mempunyai kamar mandi yang banyak dengan penggunaan sistem sentral. Ukuran tabungnya besar dan tentunya mempengaruhi harga jualnya. Kelebihan digunakan seperti ini harganya akan lebih murah daripada membeli banyak instant water heater untuk setiap kamar mandi. Harga water heater tenaga surya dengan jenis yang lainnya mungkin agak berbeda sebab memang jenisnya berbeda.

5. Segi keindahan

Penggunaan instant water heater hanya dapat dipasang di bawah shower di kamar mandi menyebabkan estetika kamar mandi akan berkurang. Berbeda dengan water heater tangki yang bsia dipasang di luar rumah atau di atas genteng sehingga penggunaannya tidak tampak.

6. Segi pengalaman mandi yang didapat

Jika digunakan water heater tangki ukuran kecil, maka pengalaman mandi yang didapat biasanya kurang memuaskan. Selain itu bisa saja suhu air panas tidak tetap ataupun air panasnya sering habis. Berbeda jika digunakan water heater tangki ukuran besar lengkap. Hasil yang didapatkan jauh lebih baik, air panas berlimpah, tekanan yang dihasilkan stabil serta suhunya konsisten.

Sekian artikel tentang 6 perbedaan antara instant water heater dengan tangki seperti pemanas air matahari. Semoga bermanfaat.

Oleh: intisolar.com