Artikel

Atasi Masalah Kloset Menggunakan Pemanas Air Tenaga Surya

Kloset toilet yang mampat memang sering kali bikin jengkel, apalagi kalau sedang buru-buru mau menggunakannya. Namun, kini tidak perlu pusing dan tidak usah repot mencari tukang karena bisa diatasi dengan mudah menggunakan pemanas air tenaga surya.

Atasi masalah kloset menggunakan pemanas air tenaga surya

  1. Siapkan sabun cuci piring untuk dimasukkan ke toilet

Banyak yang belum mengetahui bahwa sabun cuci piring tidak hanya membersihkan kotoran di peralatan makan, tapi juga kloset. Pilihlah sabun pencuci piring yang cair untuk dituangkan dalam kloset yang tersumbat.

Namun sebelum menuangkannya pastikan terlebih dahulu air dalam kloset sudah surut karena jika tidak, maka dapat menyulitkan pembersihan. Tunggulah sampai kira-kira sudah cukup untuk menimbulkan busa yang banyak.

  1. Siram sabun dengan air panas

Setelah menuangkan sabun, ambillah air dari solar water heater untuk dimasukkan ke dalam kloset, lalu diamkan beberapa saat. Busa licin dari sabun cuci piring dan air panas ini yang nantinya akan melonggarkan sumbatan pada kloset.

  1. Tekan tombol flush

Selanjutnya tekanlah tombol flush untuk menyirami seperti biasa. Jika benda yang membuatnya tersumbat cukup lunak, maka cara ini akan berhasil dengan mudah. Akan tetapi mungkin Anda juga butuh melakukan langkah ini berulang-ulang sebelum berhasil.

  1. Gunakan plumbing snake

Apabila kasus yang menyebabkan kloset tersumbat adalah karena adanya mainan anak-anak yang masuk ke dalam, maka harus menggunakan cara lain. Plumbing snake atau selang panjang fleksibel dapat menjadi solusi untuk mendorong sumbatan.

Namun jika cara tersebut masih belum berhasil, jangan langsung menyerah dulu. Tetapi cobalah gunakan gantungan baju walau sedikit berisiko yakni dapat membuat kloset jadi lecet. Pilih gantungan baju yang bahannya keras supaya tidak patah.

  1. Tambahkan ampas kopi

Setelah masalah kloset mampat teratasi, Anda bisa menambahkan ampas kopi untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada toilet. Masukkan ampas kopi ke dalam lubang kloset lalu tunggu beberapa menit.

  1. Tuangkan sedikit garam

Langkah selanjutnya adalah tambahkan garam kasar atau halus ke dalam lubang toilet yang tadi sudah diberi ampas kopi. Siramlah kembali lubang kloset menggunakan pemanas air tenaga matahari ke seluruh bagiannya tanpa ada yang terlewat.

Cara menghilangkan bau ini juga bisa dipakai untuk menyiram lantai kamar mandi. Tips ini dipercaya ampuh untuk melawan semua bau tak sedap yang disebabkan oleh kuman dan bakteri.

  1. Beri penutup pada lubang kloset

Untuk mencegah kloset mampat karena kemasukan benda-benda lain, maka disarankan untuk memberi penutup pada lubang kloset apabila sedang tidak digunakan.

Kehadiran pemanas air tenaga surya ternyata dapat mengatasi beberapa masalah pada toilet seperti kloset tersumbat dan bau yang tak sedap. Anda bisa menggunakannya dengan menambahkan sabun pencuci piring, ampas kopi, dan garam.