Artikel

Bagaimana Cara Mandi Dengan Pemanas Air Solar yang Benar?

Beberapa orang mungkin masih belum bisa mengetahui mengenai bagaimana cara untuk mandi dengan air hangat dari pemanas air solar. Terutama mengenai cara mandi yang baik dan benar. Mandi yang dilakukan dengan benar pastinya akan memberikan manfaat yang juga baik untuk tubuh. Untuk itu, berikut adalah beberapa cara untuk mandi dengan baik dan benar menggunakan air hangat.

Tips mandi air hangat dari pemanas air solar yang benar

  1. Menggunakan sabun yang tepat

Ada berbagai macam jenis atau komposisi yang digunakan untuk pembuatan sabun. Setiap komposisinya akan memiliki manfaat dan juga efek yang berbeda untuk tubuh. Untuk itu pertama kali yang perlu Anda ketahui adalah mengerti mengenai jenis kulit Anda.

Jika jenis kulit Anda kering maka lebih baik menggunakan jenis sabun dengan kandungan yang ringan. Berbeda dengan kulit normal, menggunakan sabun yang ada di pasaran akan lebih bisa Anda gunakan.

  1. Durasinya tepat

Mandi juga harus sesuai dengan waktu yang baik. Mandi dengan waktu yang lama tidak selalu bisa membuat tubuh menjadi bersih. Mandi yang terlalu lama bahkan bisa membuat kulit menjadi keriput karena kedinginan.

Selain itu jika Anda mandi dengan air hangat dari solar water heater, sebaiknya durasinya juga tidak terlalu lama. Mandi dengan air hangat yang terlalu lama bisa membuat kulit menjadi kering.

  1. Mengatur frekuensi mandi

Pada saat mandi tidak harus selalu mengguyurkan air ke tubuh saja. Akan tetapi seberapa sering Anda mandi juga akan berpengaruh pada kebersihan diri. Akan tetapi bukan berarti bahwa mandi dengan sering juga akan membuat tubuh pasti akan bersih. Namun memang tidak ada patokan seseorang harus mandi berapa kali dalam sehari. Ada yang mandi satu kali sehari lebih sehat daripada yang mandi dua kali sehari.

Akan tetapi angka atau jumlah yang ideal untuk mandi adalah satu kali dalam sehari. Hal ini karena tubuh sudah pasti akan terkena bakteri, alergen hingga virus. Akan tetapi tetap dikembalikan dengan kondisi tubuh seseorang.

  1. Sesuaikan dengan suhu

Mandi juga harus menggunakan suhu air yang tepat. Suhu air yang tepat tersebut tentunya akan sangat berguna untuk tubuh. Sebaliknya jika suhu yang digunakan tidak tepat bisa memberikan dampak pada tubuh. Seperti air hangat dari pemanas air matahari yang harus tepat.

Suhu air hangat yang tepat untuk mandi adalah tidak lebih dari 44 derajat Celsius. Selain itu juga hindari mandi dengan waktu yang terlalu lama. Hal ini bisa menyebabkan kulit Anda menjadi kering.

Kulit yang sudah kering akan semakin kering jika Anda menggunakan air hangat terlalu lama untuk mandi. Biasanya pada pemanas air solar sudah ada pengatur atau tanda suhu yang bisa Anda gunakan.

 

Oleh: intisolar.com