Artikel

Basmi Gulma Tanaman Menggunakan Pemanas Air Tenaga Surya

Memiliki banyak khasiat, air panas tidak hanya memberi dampak positif bagi kesehatan manusia, tetapi bisa juga untuk hewan serta tumbuhan. Tanaman di rumah Anda dapat lebih mudah untuk dibersihkan dari gulma jika diberi air panas secara teratur. Cukup dengan menghubungkan pipa pemanas air tenaga surya ke keran di luar rumah.

Basmi Gulma Tanaman Menggunakan Pemanas Air Tenaga Surya

  1. Siram tanaman pengganggu

Tanaman pengganggu atau yang sering disebut gulma, dapat dibasmi menggunakan air panas. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilah tanaman yang tumbuh gulma di sekitarnya.

Siram gulma tersebut menggunakan selang khusus dengan kapasitas air yang disesuaikan. Pastikan air panas yang disiram tidak mengenai tanaman utama Anda.

  1. Gunakan teko atau selang khusus

Saat menyiram air panas di area tanaman Anda, usahakan untuk menggunakan alat seperti teko khusus menyiram tanaman atau bisa juga memanfaatkan solar water heater yang dihubungkan ke selang.

Pastikan selang yang digunakan memiliki lubang yang baik dan khusus untuk tanaman sehingga tidak mudah untuk meleber jika sedang digunakan. Siram area tanaman dengan penuh hati-hati.

  1. Tanpa bahan kimia

Penggunaan cairan yang dijual di pasaran tentunya mengandung bahan kimia agar tumbuhan dapat tumbuh dengan cepat maupun warna bunga serta buahnya lebih menarik untuk dilihat.

Beberapa produk terkadang tidak cocok untuk jenis tanaman tertentu sehingga menimbulkan dampak buruk. Solusinya adalah Anda bisa memanfaatkan air panas untuk menyiram tanaman agar tetap tumbuh sehat.

  1. Rendam pot

Khusus tanaman yang di tanam dalam pot, sebaiknya tidak perlu disiram. Dapat menghemat waktu Anda dengan merendamkan pot tersebut ke dalam air panas.

Utamakan pilah terlebih dahulu tanaman mana yang memiliki banyak gulma sehingga air yang digunakan dapat disesuaikan. Begitu pula dengan jenis tanaman yang ditanam di dalam pot tersebut.

  1. Siram ke tanaman yang sakit

Jika tanaman Anda tampak layu dan kurang segar, bisa coba untuk menyiram air panas di area sekitarnya. Karena, bisa saja tanaman tersebut sakit diakibatkan oleh tanaman pengganggu yang tumbuh di sekitarnya.

Manfaatkan pemanas air tenaga matahari di rumah Anda, sambungkan salah satu pipa ke keran air di sekitar taman. Atur suhu air yang akan digunakan, kemudian siram area tanaman dengan baik.

  1. Perhatikan suhu air

Seperti yang sudah disinggung di beberapa poin di atar, perlu Anda perhatikan suhu air panas yang digunakan. Pilah tanaman jenis apa saja yang bisa disiram air panas dan air hangat sehingga kesehatan tanaman di rumah Anda dapat tetap terjaga dan asri.

Meskipun memiliki manfaat untuk kesehatan tumbuhan, perlu diperhatikan dengan baik suhu dan jenis air yang digunakan agar tumbuhan tidak rusak. Pilah tumbuhan dengan benar sebelum disiram. Perhatikan kapasitas air yang akan dikeluarkan melalui selang yang dihubungkan dengan pemanas air tenaga surya yang ada di rumah.