Artikel

Beberapa Prinsip Yang Digunakan Dalam Solar Water Heater

Sebelum membeli solar water heater untuk menghasilkan air panas sebaiknya juga mengetahui apa saja fakta dari alat yang satu ini. Water heater merupakan variasi dari pemanas air yang menggunakan energi surya sebagai sumber utamanya sehingga mampu menghasilkan air panas dengan cepat. Kebutuhan manusia akan air panas bisa terpenuhi dengan mudah hanya memanfaatkan water heater.

Beberapa Prinsip Yang Digunakan Dalam Solar Water Heater

  1. Prinsip Direct dan Indirect

Pada perkembangan water heater saat ini, alat pemanas air memiliki dua jenis yaitu direct dan indirect. Adanya prinsip direct yaitu Air yang telah dipanaskan oleh water heater merupakan air yang sama dengan yang akan diaplikasikan untuk kebutuhan mandi setiap hari.

Dengan demikian, air panas yang dihasilkan oleh water heater diaplikasikan untuk mandi dan air panas seketika juga masuk ke dalam tangki. Sementara itu, untuk prinsip indirect merupakan cara yang menggunakan dua variasi lapisan tangki. Lapisan yang ada di dalam water heater tersebut ada lapisan dalam dan lapisan luar.

Lapisan pemanas air tenaga surya bagian dalam berisikan air dingin yang nantinya akan dipanaskan. Sedangkan, untuk tangki komponen bagian luar merupakan daerah panas yang sudah dipanaskan dan siap untuk digunakan  dalam memenuhi kebutuhan air panas setiap hari.

  1. Prinsip Thermosiphon

Salah satu prinsip sebagai fakta dari adanya water heater, namun ternyata banyak sekali orang yang telah menggunakan water heater  tetapi tidak mengenal adanya prinsip thermosiphon. Prinsip termosipon merupakan salah satu prinsip yang diaplikasikan untuk penggunaan pemanas air yang menggunakan tenaga surya.

Pada prinsip yang satu ini berprofesi sebagai metode untuk membuat air dingin yang telah dipanaskan menggunakan bantuan panel surya dan bergerak melalui pipa yang telah dirancang masuk pada tangki. Dalam waktu yang beriringan, ketika air dingin tersebut sudah panas maka akan masuk ke dalam tangki.

Sementara itu, air dingin yang belum dipanaskan akan langsung bergerak ke dalam panel kolektor. Pada panel kolektor ini, air yang ada akan mulai dipanaskan. Namun, berbeda halnya ketika akan terjadi secara berulang-ulang hingga air di dalam tangki berubah menjadi panas karena perubahan temperatur.

Untuk prinsip kerja dari thermosiphon, pemanas air tenaga solar menggunakan kekuatan yang berasal dari panas matahari untuk membantu merubah air dingin menjadi panas. Prinsip yang satu ini tentu sangat berbeda dengan adanya prinsip yang diaplikasikan pada heat pump water heater. Kelebihan dengan menggunakan pemanas air energi solar cocok diaplikasikan khususnya di negara tropis seperti Indonesia.

Kecuali, memang asupan ataupun pasokan dari panasnya matahari akan bisa diterima dalam jumlah yang lebih banyak. Panasnya matahari ini dapat terus bekerja untuk memanaskan sepanjang tahun. Sudah terbukti bahwasanya pemanas air energi matahari juga ada yang membutuhkan bantuan kekuatan listrik.

Itulah beberapa pembahasan terkait solar water heater. Fakta dari water heater menggunakan prinsip dalam pengaplikasiannya untuk memanaskan air.