Artikel

Cara Agar Water Heater Matahari Berfungsi Optimal

Jika Anda menginginkan sebuah water heater matahari yang senantiasa beroperasi dengan baik dan optimal maka lakukan perawatan secara rutin. Apalagi perawatan tersebut tidak terlalu sulit, justru menguntungkan karena dapat mencegah terjadinya kerusakan dan memperpanjang masa pakai. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui cara merawat pemanas air yang baik dan benar.

Tips Perawatan Water Heater Matahari Agar Tetap Optimal

  1. Bersihkan Bagian Luar Pemanas Air

Semakin lama pemakaian alat pemanas air dengan energi surya tentu debu akan menempel pada bagian luar tangki maupun panel kolektor. Apalagi jika pemanas air tersebut dipasang di bagian atap rumah yang memang area rawan debu. Maka sudah seharusnya dibersihkan secara rutin. Jika tidak dibersihkan tentu debu yang menempel tersebut akan mengurangi efisiensi dan masa pakai.

Dalam hal ini, cara membersihkannya cukup mudah hanya dengan melakukan penyemprotan dan menggosok debu tersebut hingga bagian luarnya bersih. Pastikan pembersihan tersebut dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak bagian luar tangki dan panel kolektornya. Dengan begitu, disarankan bagi para pengguna untuk membersihkannya menggunakan kain lembut atau sikat.

  1. Bersihkan Bagian Dalam Pemanas Air

Cara merawat pemanas air tenaga solar berikutnya ialah membersihkan bagian dalam pemanas air tersebut. Sebelum membersihkan bagian dalamnya, pastikan terlebih dahulu tangki pemanas air tersebut dalam keadaan kosong. Setelah itu, lakukan pembersihan debu yang sudah terkumpul dan mengendap sehingga memiliki potensi menyumbat pengoperasian dari pemanas air tersebut.

Pastikan pembersihan tersebut benar-benar dilakukan hingga tidak terdapat endapan mineral lagi pada dasar tangkinya yang dapat menyebabkan kualitas air panas kurang bersih. Para pengguna dapat membersihkannya dengan menggunakan sabun atau larutan air dengan cuka. Selanjutnya, lakukan pembilasan tangki penyimpanan dengan menggunakan air yang mengalir hingga bersih.

  1. Periksa Elemen Pemanas

Elemen panas termasuk komponen penting dalam pemanas air yang biasanya terbuat dari logam sehingga dapat aus dan rusak seiring pemakaiannya. Untuk itu, lakukan pengecekan berkala dan pastikan elemen pemanas air tidak menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Namun jika elemen pemanas sudah rusak maka segera diganti agar pemanas air tersebut tetap berfungsi dengan baik.

  1. Periksa Katup Pelepas Suhu dan Tekanan

Adapun cara melakukan perawatan terhadap pemanas air tenaga surya yang baik dan benar ialah memeriksa katup pelepas suhu dan tekanannya. Apalagi kedua fitur tersebut berperan penting dalam melepaskan tekanan dan mencegah terjadinya ledakan pada tangki penyimpanan. Pasalnya jika katup tersebut tidak berfungsi dengan baik maka memungkinkan terjadinya kebocoran air.

Cara mengatasinya, angkat tuas yang terdapat pada katup tersebut untuk memudahkan air keluar. Selain itu, periksa juga suhu air secara rutin dan teratur agar tidak terlalu panas membahayakan, sedangkan jika terlalu dingin tentu dapat mengganggu kenyamanan. Pastikan suhu air tersebut sesuai kebutuhan dan sangat disarankan bagi rumah tangga antara 50 hingga 60 derajat Celsius.

Melakukan perawatan secara rutin terhadap water heater matahari memang sudah seharusnya dilakukan oleh para pengguna. Hal tersebut penting dilakukan demi kenyamanan dan keamanan pemakaian.