Artikel

Cara Cuci Masker Kain Dengan Air Panas Water Heater Surya

Dimasa pandemi ini, mencuci masker kain bisa menggunakan air panas dari water heater surya. Beberapa saat yang lalu pemerintah menyarankan untuk menggunakan masker kain dengan lapisan yang cukup tebal. Hal ini karena masker medis saja belum tentu bisa menyaring virus yang masuk.

Keuntungan menggunakan masker kain tersebut adalah Anda bisa mencucinya dan menggunakannya kembali jika memang dibutuhkan. Hal ini sekaligus juga membantu mengurangi jumlah sampah karena masker satu kali pakai.

Akan tetapi justru masker kain perlu diperhatikan lebih lagi pada saat membersihkannya. Hal ini karena masker tersebut akan digunakan kembali sehingga sangat penting jika dicuci dengan bersih.

Cara Cuci Masker Kain Dengan Air Panas Water Heater Surya

1. Rendam dengan air panas

Pertama adalah dengan merendam masker kain menggunakan air panas. Air panas yang disarankan adalah yang memiliki suhu sekitar 50 hingga 60 derajat celcius. Agar Anda tidak repot untuk mengukur suhunya sendiri, maka lebih baik menggunakan pemanas air tenaga matahari.

Sekarang sudah banyak sekali jenis pemanas matahari yang memiliki sistem untuk menentukan suhu air panasnya. Secara tidak langsung hal ini akan membantu Anda agar lebih praktis.

Air panas tersebut diharapkan bisa membantu membunuh kuman yang bisa menempel pada masker. Kemudian tambahkan detergen dan rendam selama 5 menit. Setelahnya, kucek masker kain hingga perlahan dan bersih. Namun jangan juga menguceknya terlalu keras karena bisa merusak serat kain.

2. Bilas dengan air mengalir

Kemudian Anda tinggal membilas masker kain yang sudah dicuci dengan bersih. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa membilas kain masker tersebut pada air hangat yang mengalir. Untuk itu akan lebih praktis dan juga lebih efisien jika Anda menggunakan pemanas air tenaga solar. Pastikan agar semua busa pada kain bisa hilang dan bersih. Hal ini karena sisa sabun yang masih menempel akan kurang nyaman untuk digunakan.

3. Mengeringkan masker

Masker kain yang sudah bersih, maka bisa Anda jemur secara langsung di bawah sinar matahari. sinar matahari tersebut akan membantu untuk membunuh sisa-sisa mikroorganisme yang mungkin saja masih menempel pada kain masker. Jika memang diperlukan sebelum dijemur, Anda juga bisa menggunakan mesin pengering dulu.

Akan tetapi lebih baik menghindari untuk menjemur masker kain tersebut di dalam ruangan. Hal ini karena masker justru bisa menjadi lembap sehingga bakteri lebih mudah muncul.

4. Menyetrika masker

Selain baju, masker juga perlu Anda setrika ketika sudah kering. Hal ini akan membantu agar bakteri, virus, dan juga kuman bisa benar-benar mati. Ketika memang sudah disetrika, maka baru bisa Anda gunakan kembali.

Air panas dari water heater surya sangat bisa Anda manfaatkan untuk membantu membersihkan masker kain agar tidak ada kuman dan bakteri yang menempel.

 

Oleh: intisolar.com