Artikel

Contoh Penerapan Teknologi Surya Termasuk Pemanas Air Tenaga Matahari

Pemanas air tenaga matahari – Solar water heater menggunakan radiasi surya untuk kebutuhan sehari-hari, sebuah energi terbarukan. Dimana teknologi ini digunakan untuk memanaskan air, menghangatkan ruangan ataupun menghasilkan panas. Sehingga inilah beberapa penerapan teknologi surya ataupun matahari yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Penerapan Teknologi Surya Termasuk Pada Pemanas Air Tenaga Matahari

  1. Perencanaan arsitektur dan kota

Cahaya matahari mempengaruhi hampir seluruh rancangan bangunan. Saat ini sedang ramai perkembangan teknologi perencanaan surya menggunakan bantuan model oleh komputer. Dimana ia akan menggabungkan faktor sinar matahari, pemanas dan sistem rancangan surya.

Hal ini akan membantu peralatan teknologi seperti pompa air panas, kipas, jendela dalam meningkatkan kerja sistemnya. Dengan penggunaan teknologi ini akan menghasilkan ruangan yang terang dengan temperatur yang nyaman. Hemat energi dan juga mengurangi sumber energi tidak terbarukan seperti listrik yang berasal dari batu bara.

  1. Pertanian dan perkebunan

Pemanas air tenaga surya akan meningkatkan produktivitas tanaman. Sumber cahaya matahari ini akan sangat bermanfaat bagi daerah terpencil yang sering merasakan musim dingin, sehingga energi matahari dapat ditampung dan di ubah menjadi uap panas agar menjaga tanaman tetap hangat. Penerapan energi surya selain untuk menumbuhkan tanaman juga digunakan untuk menggerakkan mesin tekan anggur untuk membuat minuman anggur.

Pemanas air tenaga matahari yang dimaksimalkan pada rumah kaca akan mengubah energi cahaya menjadi energi panas. Sehingga bagi tanaman khusus yang membutuhkan banyak sinar matahari, ketika iklim tidak mendukung alat ini akan menopang pertumbuhan tanaman tersebut.

  1. Pemanas, pendingin dan ventilasi

Massa termal adalah hal yang digunakan untuk menyimpan panas. Pemanas air tenaga matahari akan membantu dalam mempertahankan kehangatan yang didapatkan dari sumber energi matahari untuk ruangan dalam rumah.

Selain itu juga panas yang dihasilkan dari cahaya matahari dapat digunakan sebagai pemanas air panas tenaga surya sehingga menghemat penggunaan listrik. Apalagi listrik ini didapatkan dari sumber energi tidak terbarukan sehingga dapat mencemari lingkungan dan sumber energi yang dapat habis dengan pembaharuan yang lama.

Pemanas air tenaga surya dirancang agar memanfaatkan energi matahari secara maksimal. Dia akan memanaskan air mencapai suhu panas sesuai kebutuhan yang diinginkan. Dengan teknologi ini air dapat diperoleh dengan cepat dan dalam waktu yang relatif cepat, murah dan efisien daripada harus memasak air menggunakan kompor atau tungku.

  1. Produksi listrik

Pemanas tenaga surya adalah mengubah cahaya matahari menjadi listrik baik menggunakan fotovoltaik ataupun menggunakan tenaga surya terpusat. Hal ini kana menghasilkan listrik yang dapat membantu dalam menyalakan lampu, kompor atau hal-hal keseharian masyarakat yang membutuhkan energi listrik dari sumber tenaga cahaya matahari.

Walaupun berasal dari sumber tenaga matahari namun listrik yang didapatkan juga terbatas sehingga teknologi mulai harus di perbaharui lagi sehingga dapat mengubah sumber energi menjadi energi matahari. Karena ramah lingkungan dan juga selalu tersedia setiap harinya.

Pemanas air tenaga matahari sangat bermanfaat di berbagai bidang kehidupan seperti contoh di atas.