Artikel

Dapatkah Water Heater Solar Mengatasi Masalah Air Tersumbat?

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi saluran air yang tersumbat adalah dengan menggunakan air hangat yang berasal dari water heater solar. Situasi seperti ini memang sering kali membuat repot. Mulai dari saluran kamar mandi yang menggenang hingga tidak turunnya air di wastafel. Namun hal tersebut dapat diantisipasi dengan melakukan beberapa cara.

Mengatasi Saluran Air Tersumbat dengan Water Heater Solar

  1. Sabun Cuci Piring

Air panas dan sabun cuci muka merupakan dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan saluran air yang tersumbat. Yang perlu dilakukan adalah memasukkan sabun cuci piring ke dalam saluran air yang mampat.

Kemudian bilaslah dengan menggunakan air panas yang berasal dari pemanas air tenaga surya. Cara ini dapat dilakukan sekurangnya satu kali dalam satu minggu agar saluran kembali lancar seperti sedia kala.

  1. Cuka dan Baking Soda

Cuka dan baking soda adalah kombinasi yang sangat mumpuni untuk dapat mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan kotoran. Selain itu, kedua gabungan itu juga dapat diterapkan untuk mengatasi saluran air yang sering tersumbat. Cara yang harus dilakukan adalah memasukkan baking soda sebanyak satu cangkir ke dalam saluran air yang tersumbat.

Lalu, bilaslah dengan menggunakan air panas yang berasal solar water heater. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian kembali tuangkan baking soda satu cangkir sambil dibarengi dengan cuka satu cangkir. Lalu, bilaslah menggunakan air hangat itu.

  1. Air Panas dan Garam

Tak jarang orang yang tahu bahwa kombinasi air panas dengan garam ternyata dapat diterapkan untuk mengatasi saluran air yang mampat. Siapkan setengah gelas garam dapur dan lalu masukkan ke dalam pipa yang tersumbat tersebut.

Kemudian tuangkan air panas dan siram ke dalam saluran yang mampat tersebut. Diamkan selama beberapa menit dan siram menggunakan air panas untuk membilasnya. Cara ini dapat dilakukan selama beberapa saat untuk mencegah saluran agar tidak kembali tersumbat.

  1. Soda Api

Soda api juga dapat dicoba untuk mengatasi permasalahan saluran air tersumbat. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melindungi wajah terlebih dulu dengan masker. Selain itu, gunakanlah sarung tangan.

Soda api tersebut kemudian dituangkan ke dalam saluran yang mampat tersebut dan siram dengan air panas yang berasal dari pemanas air tenaga matahari secara perlahan. Ulang beberapa kali hingga saluran air bisa lancar.

  1. Jus Lemon

Selain cuka, baking soda ternyata juga dapat dikombinasikan dengan perasan lemon untuk dapat mengatasi saluran air yang tersumbat. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah tuangkan perasan jeruk lemon dan baking soda ke dalam pipa saluran air yang mampat tersebut.

Diamkan selama kurang lebih setengah jam. Lalu kembali masukkan baking soda dan diamkan selama kurang lebih 12 jam. Keesokan harinya, siram menggunakan air panas yang berasal dari pemanas air tenaga solar ke dalam saluran air tersebut.

Kombinasi antara air panas yang berasal dari water heater solar dan dibantu oleh sejumlah bahan lain dapat digunakan untuk menanggulangi saluran pipa air yang mampat.