Artikel

Fungsi Solar Water Heater untuk Tanaman Hias Tetap Terawat

Solar water heater bisa digunakan pada tanaman hias.  Tanaman hias menjadi beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat lingkungan tetap baik dan asri. Yang heran tanaman hias banyak dipasang untuk menghias rumah dengan berbagai jenis dan ragam.

Merawat tanaman hias dapat memanfaatkan water heater, sebab air panas/hangat yang berasal dari alat ini dapat membantu dalam merawat tanaman hias agar tetap awet dan bagus. Intip manfaat air mendidih untuk tanaman.

Fungsi Solar Water Heater untuk Tanaman Hias

  1. Menghilangkan hama

Dengan memanfaatkan pemanas air tenaga solar yang menghasilkan air panas dapat bermanfaat bagi tanaman yaitu bisa menghilangkan hama. Hama ini tidak baik bagi tanaman karena dapat merusak tanaman dan membuat tanaman cepat mati.

Disiramnya air panas ke tanaman salah satu efeknya adalah untuk membunuh hama sehingga tanaman tidak mati. Hama ini harus di berantas agar tidak menimbulkan kerugian seperti kematian tanaman, buah dengan kualitas jelek ataupun tanaman akan menjadi layu.

  1. Pertumbuhan sel dan jaringan

Pada tanaman juga diperlukan pemantauan yang baik agar tanaman dapat tumbuh dengan bagus dan baik. Dengan kualitas tanaman yang baik bisa juga dapat mengeluarkan buah dan dikonsumsi untuk sehari-hari.

Air mendidih yang di taruh ke dalam tanaman dapat membantu dalam pertumbuhan sel jaringan. Hal in agar tanaman dapat tumbuh besar dan dalam kondisi yang baik. Sebab tanaman butuh air yang cukup untuk melakukan perpindahan.

  1. Mengangkut nutrisi

Tentunya untuk tumbuh menjadi tanaman yang sehat butuh nutrisi yang terpenuhi. Dengan pemberian air panas pada tumbuhan akan membuat akar lebih maksimal dalam menyerap nutrisi. Dimana air ini akan mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh agar mendapatkan nutrisi yang maksimal dan oksigen yang maksimal ke seluruh tubuh. Mengangkut nutrisi dari akar lalu ke batang sehingga tanaman akan lebih bernutrisi dan tumbuh sehat.

Kegunaan air panas bagi tanaman ini tidak boleh juga terlalu sering dan harus diperhatikan karena tidak semua tanaman dapat menerima air panas tergantung jenis dan kondisi dari tanaman tersebut.

  1. Membantu proses pertumbuhan

Manfaat air bagi tumbuhan sangat baik, tanpa air tumbuhan tidak bisa hidup dan berkembang layaknya makhluk hidup lainya. Air ini akan sangat penting dalam kehidupan bagi tumbuhan sebagai faktor yang membantu sel-sel tumbuhan berkembang agar tidak kekurangan air dan tanaman tidak menjadi layu.

Tanaman yang sehat akan menghasilkan bunga atau buah yang sehat sehingga dapat dimanfaatkan untuk manusia dalam kehidupan sehari-hari. Itulah mengapa kebutuhan air bagi tumbuhan ini sangat penting, penggunaan  pemanas air tenaga solar ini sangat membantu pendistribusian air sehari-harinya.

Itulah beberapa manfaat solar water heater bagi tumbuhan. Ternyata banyak sekali manfaat yang didapatkan dari pemasangan mesin ini sehingga harus diperhatikan lebih jauh.