Artikel

Manfaat Solar Water Heater Untuk Sitz Bath

Solar water heater merupakan metode mengubah air dingin menjadi air panas dengan mengambil panas matahari. Dalam kehidupan sehari-hari, mandi air hangat dibutuhkan untuk menyegarkan tubuh. Tapi, kini ada sitz bath yaitu perawatan perineum dan bokong dengan menggunakan air hangat. Tujuan dari perawatan tersebut adalah membersihkan bokong dan area genital juga untuk meredakan nyeri dan gatal. Teknik sitz bath bisa dilakukan di bath tub dengan cara mengalirkan air panas dari pemanas air tenaga matahari. Karena sifatnya sangat privasi, sitz bath baiknya dilakukan di dalam rumah.

Manfaat Solar Water Heater Untuk Sitz Bath

Berendam air hangat di cuaca dingin secara alami bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap segar dengan suhu yang normal. Namun dalam kasus tertentu, mandi air hangat bisa mengusir penyakit karena dapat memperlancar aliran darah. Berikut ini manfaat menggunakan water heater tenaga surya untuk sitz bath:

  • Mengatasi Wasir

Dalam ilmu medis, wasir merupakan kondisi yang disebabkan ketika pembuluh darah vena di anus mengalami pembengkakan dan peradangan. Untuk mengatasinya, kebanyakan orang akan mengkonsumsi obat bahkan melakukan operasi. Padahal wasir bisa diatasi dengan sitz bath. Pemanas air tenaga surya akan menghasilkan air yang hangat, sehingga dapat digunakan oleh penderita untuk berendam selama beberapa menit.

  • Sembelit Atau Diare

Selain mengatasi wasir, berendam air hangat dengan metode sitz bath juga efektif untuk mengatasi diare atau sembelit. Dengan demikian, penderita tidak perlu mengkonsumsi obat, cukup rendam bokong selama beberapa menit dengan air hangat di dalam bath tub.

  • Fisura Anus

Manfaat lain menggunakan pemanas air tenaga solar tidak lain untuk metode sitz bath mengatasi fisura anus.

  • Perawatan Pasca Melahirkan Normal

Perawatan area genital pasca melahirkan normal ternyata bisa dilakukan dengan berendam di air hangat. Cara ini sudah dilakukan oleh banyak wanita dan terbukti efektif.

Cara Menggunakan Air Hangat untuk Sitz Bath

Bagi yang belum pernah melakukan sitz bath sama sekali, berikut ini step by step yang harus dilakukan saat melakukan sitz bath di dalam bath tub:

  1. Pertama-tama, panaskan water heater tenaga surya kemudian isi bak mandi dengan air hangat secukupnya.
  2. Saat suhunya sudah pas, rendam area genital dan bokong kurang lebih selama 15-20 menit. Jangan lupa untuk tekuk lutut agar area ini tersapu dengan baik oleh air hangat.
  3. Saat sitz bath sudah selesai, usap dengan lembut area genital dan bokong yang terendam air hingga kering.

Itulah manfaat melakukan sitz bath dan tahapan demi tahapan melakukannya. Jika tertarik untuk melakukan metode ini, maka gunakan water heater tenaga surya. Pemanas ini memiliki kualitas terbaik yang mampu menyediakan air panas dalam waktu cepat. Solar water heater telah digunakan sangat lama untuk menyediakan semburan air hangat yang bisa digunakan kapan saja, sesuai kebutuhan penggunanya.

Oleh: intisolar.com