Artikel

Tips Mandi Dengan Pemanas Air Tenaga Matahari Agar Nyaman

Mandi dengan air hangat dari pemanas air tenaga matahari ternyata harus sesuai dengan aturan. Dalam hal ini mandi menggunakan air hangat memiliki caranya tersendiri dibandingkan dengan air dingin.

Tujuannya agar mandi air hangat Anda bisa lebih nyaman dan juga tidak memberikan efek yang buruk untuk tubuh. Mandi air hangat yang dilakukan dengan cara yang salah ternyata bisa memberikan efek yang cukup buruk bagi tubuh. Oleh karenanya Anda perlu melakukan beberapa hal berikut jika ingin mandi dengan air hangat.

Tips mandi dengan pemanas air tenaga matahari agar nyaman

  1. Hindari berendam terlalu lama

Mandi dengan air hangat memang akan sangat nyaman jika Anda gunakan untuk berendam. Hal ini juga membuat banyak orang menjadi berendam dengan waktu yang cukup lama. Padahal hal tersebut tidak disarankan untuk dilakukan.

Walaupun berendam bisa memberikan tubuh yang lebih rileks, tapi tidak jika menggunakan air hangat. Berendam dengan waktu yang lama menggunakan air hangat bisa menyebabkan kulit yang menjadi lebih keriput dan kering.

Jika memang ingin berendam dalam air hangat, disarankan menggunakan waktu 15 menit saja. Selain itu jangan lupa menambahkan minyak zaitun di bak mandi. Hal ini bertujuan untuk menghindari kulit yang kering setelah berendam.

  1. Menambahkan minyak

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa berendam air hangat dari pemanas air tenaga solar sangat disarankan menggunakan minyak. Dalam hal ini adalah minyak khusus untuk kulit yang juga aman.

Tujuannya membantu memperbaiki kulit Anda yang bahkan sudah kering sebelum berendam. Selain mencampurkannya pada air, mengoleskan secara langsung minyak tersebut pada tubuh juga akan sangat membantu.

  1. Sabun dengan pelembab

Mungkin banyak yang kurang mengetahui bahwa sabun juga bisa memberikan pengaruh pada kulit setelah mandi. Busa yang ada pada sabun justru akan mengurangi produksi minyak alami kulit. Hal ini menyebabkan kulit bisa lebih mudah kering. Untuk itu gunakan jenis sabun yang cocok dengan kulit Anda. Jika kulit Anda kering, maka gunakan jenis sabun dengan kandungan pelembab.

Jenis sabun yang cocok akan membantu mencegah kulit yang kering karena penggunaan air hangat. Dengan begitu kulit Anda akan tetap terjaga kelembapannya walau mandi air hangat dari pemanas air tenaga solar.

  1. Mandi tidak terlalu lama

Mandi dengan air hangat memang menyenangkan. Akan tetapi bukan berarti Anda harus mandi dengan waktu yang cukup lama. Bahkan sebaiknya mandi dengan air hangat menggunakan waktu yang sangat singkat.

Misalnya ketika Anda biasa mandi 20 menit, maka coba persingkat lagi menjadi 10 menit. Hal ini sudah pasti untuk membantu agar kulit tidak cepat keriput. Air hangat dari pemanas air tenaga matahari Anda juga tidak akan cepat dingin.

 

Oleh: intisolar.com