Artikel

Tips Membersihkan Pipa Tersumbat Dengan Solar Water Heater

Air panas dari solar water heater ternyata bisa Anda manfaatkan untuk membantu agar pipa pembuangan tidak tersumbat. Pipa pembuangan yang ada pada tempat cuci piring di dapur biasanya memang sering tersumbat.

Hal ini karena ada sisa makanan yang menumpuk pada pipa tersebut sehingga menyumbat pipa. Namun untuk mengatasi hal tersebut Anda tidak perlu repot. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Tips membersihkan pipa yang tersumbat dengan solar water heater

  1. Membuat larutan pembersih dari bahan rumahan

Bahan di dapur ternyata juga bisa Anda manfaatkan untuk membantu pipa yang sedang tersumbat. Cuka , air dan juga soda kue bisa menjadi bahan yang Anda gunakan.  Hal ini karena air panas dan juga soda kue bisa berguna untuk mengendurkan sumbatan pipa. Sedangkan reaksi kimia dari cuka bisa berguna agar sumbatan bisa mengalir.

    • Pertama adalah dengan menuangkan air panas dari pemanas air tenaga matahari pada saluran pembuangan.
    • Kemudian tuang sekitar ½ cangkir soda kue dan buang ke dalam saluran pembuangan tersebut. Diamkan kurang lebih selama 5 menit.
    • Selanjutnya tambahkan larutan air cuka dan air panas di segelas air pada pembuangan tersebut. Diamkan lagi selama 10 menit.
    • Terakhir untuk mendorong sisa sumbatan, buang air mendidih pada saluran pembuangan tersebut.
  1. Menggunakan cairan pembersih

Cara yang juga paling umum digunakan untuk menghilangkan sumbatan pada pipa pembuangan adalah dengan menggunakan pembersih. Larutan ini dirasa lebih efektif untuk mengatasi hal tersebut.

Biasanya akan ada petunjuk untuk menggunakan cairan pembersih tersebut. Akan tetapi biasanya caranya adalah dengan menuangkan seluruh cairan pembersih pada pipa. Kemudian diamkan selama beberapa saat agar cairan tersebut bisa bekerja. Selanjutnya Anda bisa mengguyurkan air panas dari solar water heater untuk membersihkan sisa cairan pembersih tersebut.

  1. Menggunakan pembersih bubuk

Sifat dari pembersih cair akan lebih korosif  jika dibandingkan dengan menggunakan pembersih bubuk. Akibatnya terkadang pipa lama kelamaan akan mudah rusak atau keropos. Itulah mengapa lebih banyak yang menggunakan pembersih bubuk daripada cair. Kandungan berupa natrium hidroksida akan mempercepat sumbatan pada pipa untuk hilang.

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah tuangkan air panas dari pemanas air tenaga matahari selama beberapa menit agar mengalir ke seluruh bagian pipa. Kemudian tuangkan 2 cangkir bubuk pembersih dan Anda bisa mendiamkannya selama beberapa menit. Terakhir guyur kembali pipa pembuangan tersebut dengan air panas.

Demikian artikel mengenai air panas dari solar water heater untuk menghilangkan sumbatan dari pipa pembuangan. Anda bisa memakai air panas dari pemanas matahari ini karena jauh lebih hemat daripada air panas yang bersumber dari pemanas air listrik maupun gas.

 

Oleh: intisolar.com