Artikel, News & Event

Bagaimana Cara Cari Solar Water Heater Hemat Listrik

Cara cari water solar heater hemat listrik merupakan salah satu informasi yang banyak diakses oleh masyarakat saat ini. Pemanas air bertenaga surya memang menggunakan sinar matahari sebagai sumber tenaga utama dalam pemakaiannya. Namun, pengaplikasian kolektor listrik tetap dilakukan. hal ini untuk mengantisipasi jika curah sinar matahari kurang memenuhi. Misalnya saja ketika curah hujan tinggi atau cuaca sering mendung. Di saat seperti ini, tentu penyerapan sinar matahari tidak dapat terjadi maksimal.

Tips cara Cari Solar Heater Hemat Listrik

Melanjutkan permasalahan di atas, kolektor listrik perlu dipasang supaya pemenuhan kebutuhan air panas tidak mengalami kendala. Walaupun memang masih menerapkan kolektor listrik, namun penggunaan pemanas air tenaga surya masih jauh lebih hemat dibandingkan pemanas air tenaga listrik atau gas. Jika pemanas air listrik atau gas, selama 24 jam penggunaannya bergantung pada energi listrik atau gas. Sedangkan solar water heater hanya membutuhkan suplai atau gas di saat tertentu saja.

Karena kondisi yang demikian, ada baiknya bagi yang hendak memasang pemanas air tenaga surya memilih prodk yang tepat. Tepat dalam arti menggunakan pemanas air bertanaga surya yang tidak memakan energi listrik terlalu banyak alias hemat energi. Untuk dapat memilih pemanas air tenaga surya yang tepat, perhatikan beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai parameter berikut ini.

  • Kapasitas tangki

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kapasitas tangki. Semkin besar kapasitas tangki maka semakin kecil penggunaan back up heater. Jikalau kenutuhan air panas dalam keluarga sekitar 80 liter, amak sebaiknya aplikasikan tangki dengan kapasitas 100 hingga 150 liter. Pertimbangkan pula jumlah anggota keluarga yang ada di rumah. Jika pada masa mendatang jumlah anggota keluarga bertambah, maka sebaiknya gunakan tangki dengan kapasitas yang besar.

  • Perhatikan sistem kerja pemanas air tenaga surya

Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah sistem kerja unit pemanas air bertenaga matahari. terdapat dua jenis sistem kerja unit pemanas air yakni direct dan indirect. Pada sistem direct, proses pemanasan air akan sangat cepat dan harga unitnya juga lebih terjangkau dibanding indirect. Namun sayangnya pada sistem direct suhu air akan lebih cepat turun. Berbeda dengan sistem indirect yang pencapaian suhu panasnya lebih rendah namun ketahanan air panas jauh lebih lama. Solar water heater dengan sistem kerja indirect membutuhkan biaya yang lebih tinggi namun lebih efektif.

  • Teknologi kolektor

Terakhir, perhatikan teknologi kolektor yang mendukung kinerja sistem pemanas air tenaga matahari. Terdapat dua jenis kolektor yakni kolektor tabung atau kolektro flat atau datar. Kolektor tube atau tabung dilengkapi dengan 2 lapisan dan 3 lapisan. Sedangkan kolektor flat dapat dilihat dari kombinasi warna yakni hitam atau biru. Jika dibandingkan, kolektor tabung merupakan kolektor yang mampu menghasilkan suhu yang lebih tinggi. Suhu yang tinggi dapat menghemat air dan listrik.

Demikianlah ulasan dan penjelasan mendetail tentang cara cari solar water heater hemat listrik yang mudah dilakukan. Apabila berhasil menemukan dan mengganti unit pemanas air yang hemat energi, maka tak hanya dapat berhemat pengeluaran namun juga mendukung gerakan hemat energi untuk kelestarian bumi.

Oleh: intisolar.com