Artikel, News & Event

Bahan Recommended Dicuci dengan Air Panas Dari Pemanas Air Tenaga Matahari

Pemanas air tenaga matahari pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Pemanas ini menggunakan sinar matahari sebagai sumber tenaga utama. Karena Indonesia merupakan negara tropis dengan sinar matahari yang melimpah, penggunaan pemanas jenis ini lebih direkomendasikan. Selain dapat lebih hemat energi untuk membantu mengatasi pemanasan global, penggunaan pemanas air bertenaga surya juga dinilai sangat ekonomis karena tidak membutuhkan biaya listrik bulanan.

Bahan recommended dicuci dengan air panas dari pemanas air tenaga matahari

Pada umumnya, masyarakat menggunakan air panas hanya untuk mandi yang dapat membuat tubuh menjadi semakin rileks dan terhindar dari stres. Namun ternyata air panas yang dihasilkan solar water heater juga dapat secara efektif digunakan untuk mencuci pakaian. Di mana pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok yang diperlukan setiap hari. Berikut ini beberapa jenis bahan yang aman jika dicuci menggunakan air panas:

  • Jeans

Jeans merupakan salah satu bahan yang pastinya sudah sangat familier untuk masyarakat. Saat ini sudah banyak macam pakaian yang dibuat dari bahan jeans. Jeans sangat rawan kotor dan sering digunakan lebih dari satu kali. Bakteri yang menempel pada jeans tentu saja lebih sukar dihilangkan karena bahannya yang tebal dan seratnya yang besar. Mencuci pakaian dari bahan jeans dengan air hangat adalah cara yang paling tepat untuk menghilangkan noda serta bakteri yang menempel pada jeans.

Proses pembersihan yang dilakukan dengan air hangat tentunya tidak menyebabkan beberapa kerusakan pada kain jeans seperti pemudaran warna hingga penciutan serat kain. Kotoran yang menempel pada kain jeans dapat lebih mudah terangkat dengan menggunakan kombinasi air hangat dengan detergen.

  • Rayon

Selain kain jeans, rayon juga merupakan jenis kain yang aman jika dicuci dengan air hangat dari pemanas air tenaga surya. Kain rayon memiliki tekstur yang cukup lembut sehingga sangat perlu hati-hati dalam mencucinya. Namun air hangat dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk membebaskan pakaian berbahan rayon dari bakteri atau noda yang menempel. Apabila hendak mengombinasikan air panas dengan detergen untuk mencuci kain ini, pilihlah detergen yang lembut. Dengan begitu, serat kain rayon tidak akan mengalami kerusakan.

  • Katun

Jenis kain yang selanjutnya adalah katun. Katun merupakan bahan kain yang sangat banyak dipilih oleh masyarakat karena efeknya yang dingin dan mampu menyerap keringat dengan maksimal. Mencuci kain katun dengan air hangat dari pemanas air tenaga solar data membuat warnanya menjadi lebih terang seperti baru lagi. Kotoran yang menempel juga dapat hilang dengan maksimal. 

Jangan sekali-kali mencuci kain wool dengan air panas karena dapat memicu kerusakan serat kain. Selain kain wol, beberapa jenis kain lainnya yang sebaiknya tidak dicuci dengan air panas antara lain sutera, paris dan sifon.

Selain memberikan manfaat bagi kesehatan jika digunakan untuk mandi, air panas dari pemanas air tenaga matahari juga sangat efektif digunakan untuk mencuci pakaian. Yang perlu selalu diingat ketika mencuci pakaian dengan air panas adalah besaran suhu yang tepat yakni kurang lebih 40 derajat Celsius.

Oleh: intisolar.com