Berendam Air Hangat dari Pemanas Air Tenaga Surya Untuk Ibu Hamil

Berendam Air Hangat dari Pemanas Air Tenaga Surya Untuk Ibu Hamil

Pemanas air tenaga surya merupakan jenis pemanas pilihan paling tepat untuk digunakan masyarakat baik untuk rumah pribadi, hotel, apartemen, pusat kebugaran dan berbagai bangunan komersial lainnya. Air hangat yang dihasilkan pemanas ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk para ibu hamil. Berendam air hangat sangat baik dilakukan oleh para ibu yang sedang mengandung.

Langkah berendam air hangat dari pemanas air tenaga surya ibu hamil

Air panas atau air hangat yang dihasilkan oleh pemanas bertenaga matahari adalah yang paling tepat untuk digunakan berendam oleh para ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa langkah berendam air hangat dari solar water heater yang wajib diperhatikan khususnya bagi ibu hamil:

1. Siapkan air hangat dengan suhu paling tepat

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan air hangat yang hendak digunakan untuk berendam. Aturlah suhu air secara tepat. Jangan terlalu panas karena air dengan suhu yang terlalu tinggi justru dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti pusing, meningkatkan tekanan darah dan masih banyak lagi terlebih bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan air yang terlalu panas dapat mengurangi asupan oksigen.

2. Berendam dalam waktu yang pas

Lamanya waktu berendam dalam air hangat sangat perlu diperhatikan supaya tidak menimbulkan efek negatif. Bagi ibu hamil, waktu berendam air hangat dari pemanas air tenaga matahari yang paling direkomendasikan adalah selama 10 menit. Waktu tersebut tidak terlalu lama dan tidak terlalu sebentar. Berendam dalam air hangat yang terlalu lama justru dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Hal ini karena terjadi penguapan air pada permukaan kulit yang sulit dikontrol.

3. Lakukan berendam dalam air hangat dengan jadwal yang baik

Jadwalkan pula dengan baik kapan hendak berendam dalam air panas. Waktu terbaik bagi ibu hamil untuk berendam dalam air hangat setidaknya satu sampai dua kali dalam seminggu.

4. Bubuhkan garam secukupnya

Setelah air hangat siap, tambahkan sedikit garam di dalamnya da biarkan larut. Penambahan garam ini dilakukan untuk membantu rileksasi otot-otot yang menegang akibat bertambah besarnya ukuran perut.

5. Teteskan minyak aroma terapi

Khusus untuk ibu hamil dengan usia kandungan yang masih muda dan masih sering mual, jangan lupa teteskan minyak esensial secukupnya dengan aroma yang disenangi. Dengan pemilihan aroma terapi yang tepat akan membuat ibu hamil terbebas dari rasa mual.

6. Siapkan minuman atau susu di tepi bathub

Untuk menghindari dehidrasi pada saat berendam dalam air hangat dari pemanas air tenaga solar, siapkan minuman seperti air putih, jus atau susu di tepi bathub supaya mudah dijangkau ketika merasa haus.

7. Letakkan keset di dekat bathub

Untuk keamanan supaya tidak terpeleset setelah berendam, letakkan keset di dekat bathup. Keset digunakan untuk mengeringkan kaki setelah beranjak keluar dari bathub.

Meskipun terdengar sepele, namun berendam dengan air hangat yang dihasilkan pemanas air tenaga surya sangat baik dilakukan oleh ibu hamil. Terlebih dengan melakukan langkah-langkah yang dijelaskan di atas, maka manfaat berendam air hangat dapat dirasakan dengan maksimal.

Oleh: intisolar.com

Berendam Air Hangat dari Pemanas Air Tenaga Surya Untuk Ibu Hamil

WhatsApp chat