Cara Atasi Kenaikan TDL Dengan Pemanas Air Tenaga Surya yang Hemat

Cara Atasi Kenaikan TDL Dengan Pemanas Air Tenaga Surya yang Hemat

Cara Atasi Kenaikan TDL Dengan Pemanas Air Tenaga Surya yang Hemat

Pemanas air tenaga surya yang hemat – Solar water heater semakin dikenal dan menjadi pilihan para masyarakat pebisnis maupun pribadi. Apalagi dengan kemungkinan akan adanya kenaikan TDL atau Tarif Dasar Listrik yang sering dicanangkan PLN. Pemanas air yang sebelumnya banyak digunakan adalah yang menggunakan tenaga listrik. Terlebih bagi kompleks perhotelan, penginapan, hingga rumah pribadi. Namun saat ini hendaknya beralih ke pemanas air yang memanfaatkan tenaga surya atau matahari demi menghemat listrik, mengapa?

Mengatasi kemungkinan kenaikan TDL dengan pemanas air tenaga surya yang hemat

Kenaikan Tarif Dasar Listrik atau TDL tentunya sangat berpengaruh pada banyak aspek. Meskipun hitungannya tidak terlalu besar, namun kenaikan yang bisa terjadi di masa datang tetap saja harus diwaspadai bagi masyarakat rumahan hingga para pelaku bisnis. Mau tidak mau kenaikan TDL akan mempengaruhi nilai modal produksi awal bagi pebisnis. Sedangkan di sektor rumah tangga, kenaikan TDL tentulah akan membuat mereka mengubah gaya hidup yang telah berjalan selama ini.

Tak terlepas, kenaikan TDL juga berpengaruh terhadap penggunaan berbagai produk yang membutuhkan energi listrik salah satunya pemanas air. Sebab itulah pemanas air tenaga matahari yang hemat menjadi pilihan tepat saat ini.

Pemanas yang memanfaatkan sinar matahari sebagai suplai utama energinya tentunya akan mampu memenuhi kebutuhan air panas dengan lebih hemat energi. Sinar matahari merupakan sumberdaya alam yang dapat diperbarui. Berbeda dengan listrik dan gas yang termasuk ke dalam sumber daya alam tak dapat diperbarui dan akan dapat habis jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Lebih jauh, jika dibandingkan , pemanas air tenaga matahari jauh lebih efektif dari segala faktor apabila dibandingkan dengan pemanas air tenaga listrik maupun gas. Pemanas air tenaga listrik membutuhkan biaya langganan dengan nominal rupiah yang tak sedikit. Begitu pula dengan pemanas air tenaga gas. Berbeda dengan pemanas air tenaga solar yang hanya membutuhkan sinar matahari yang ditampung di panel penampang. Karena Indonesia termasuk negara tropis, tentunya suplai sinar matahari dapat berjalan lebih lancar. Bahkan ketika mendung, panel penampang tetap mampu menerima suplai sinar matahari. Jika suhu dirasa kurang ketika hujan berhari-hari, pengguna tak perlu khawatir karena adanya back up heater yang dapat dioperasikan secara otomatis atau manual.

Bahkan jika dibandingkan, di antara ketiganya, pemanas air dengan tenaga surya memiliki sitem kerja yang paling sederhana. Proses pemasangan atau aplikasinya pun jauh lebih mudah. Karena dipasang di luar ruangan, maka solar water heater yang hemat juga didaulat sebagai pemanas air yang paling aman. Telah banyak kasus konsleting pemanas air tenaga litrik maupun gas yang menyebabkan korbannya keracunan hingga meninggal. Salah satu faktor penyebabnya adalah pemasangan alat-alat yang dilakukan di dalam kamar mandi sehingga rawan kerusakan.

Setelah menyimak penjelasan di atas, sudah tidak diragukan lagi bahwa penggunaan pemanas air tenaga surya yang hemat biaya memang jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan pemanas tenaga lainnya.

Deskripsi: Pemanas air tenaga surya yang hemat biaya listrik saat ini menjadi pilihan yang tepat dibanding pemanas dengan tenaga listrik ataupun gas. Simak informasinya!

Tags: pemanas air tenaga surya yang hemat, pemanas air tenaga matahari, pemanas air tenaga solar, solar water heater

 

WhatsApp chat