Cara Kerja dan Keunggulan Inti Solar Sistem Tabung Vacuum

Cara Kerja dan Keunggulan Inti Solar Sistem Tabung Vacuum

Inti solar sistem tabung vacuum merupakan salah satu varian yang dimiliki pemanas air tenaga surya. Kini jenis pemanas air ini menjadi sangat populer di kalangan masyarakat sebagai penyuplai kebutuhan air panas nomor satu termasuk di Indonesia. Dahulu mandi air panas hanya dapat dilakukan saat menginap di hotel berbintang. Namun kini masyarakat dari seluruh kalangan dapat memasang pemanas air tenaga surya untuk memperoleh air panas.

Cara kerja Inti Solar sistem tabung vacuum

Inti solar dengan tabung vacuum memiliki sistem kerja yang menempatkan tangki penampung dan penampang kolektor penyerap sinar matahari secara terpisah. Perletakkan kedua komponen tersebut dapat disesuaikan dengan tipe atau jenis bangunan rumah yang hendak mengaplikasikan pemanas air tenaga matahari. Berikut ini terdapat beberapa teknologi yang disematkan dalam sistem pemasangan pemanas air tersebut, antara lain:

  • Teknologi direct system

Teknologi yang pertama adalah teknologi direct system atau sistem langsung. Teknologi ini diterapkan dengan memberikan kesempatan sinar matahari untuk melakukan pemanasan terhadap air yang disimpan di dalam tangkai secara langsung. Melalui teknologi ini, para pengguna akan dapat menikmati air panas dengan suhu dan takaran yang sesuai kebutuhan.

  • Teknologi indirect system

Selanjutnya ada teknologi indirect system yang sudah cukup dikenal saat ini. Pada teknologi ini, pemanasan air dilakukan secara tak langsung dengan penerapan heat exchanger atau pemindah panas. Jadi, air yang tersimpan di dalam tangka hanya dipergunakan sebagai perantara untuk membuat heat exchanger menjadi panas. Untuk teknologi ini, air panas yang dihasilkan tentunya lebih deras dengan suhu yang lebih stabil dibandingkan teknologi direct system.

Keunggulan penggunaan Inti Solar dengan sistem tabung vacuum

Berikut ini keunggulan penggunaan Inti Solar water heater sistem tabung vacuum:

  • Dapat bertahan di berbagai cuaca

Solar water heater dengan teknologi ini dapat tetap bekerja secara optimal dalam penyediaan air panas di berbagai cuaca. Pemanas air jenis ini akan tetap menampilkan performa terbaik meskipun dalam musim hujan hingga musim dingin bersalju sekalipun.

  • Desain sangat fleksibel

Desain unit pemanas jenis ini juga sangat simple namun tetap elegan yakni berbentuk Hydra Tech Collector. Unit ini dapat diaplikasikan di berbagai desain tempat dengan kemiringan yang beragam dengan tetap rapi dan mewah.

  • Aman untuk konstruksi berbagai bangunan

Pemanas ini memiliki komponen seperti tabung penampung hingga penampang kolektor yang ringan sehingga aman untuk berbagai tipe konstruksi bangunan.

  • Jaminan ketersediaan air panas dengan pemanasan yang cepat

Karena dilengkapi dengan teknologi high speed heating yang memadukan sistem tabung vacuum dengan hydra tech collector maka pemanasan air yang terjadi sangatlah efektif dan cepat. Pengaturan suhu air panas juga dapat dilakukan dengan mudah.

Melalui penjelasan di atas dapat diketahui bahwa Inti Solar sistem tabung vacuum memiliki banyak sekali kelebihan baik dalam segi kualitas produk maupun cara kerja dalam menghasilkan air panas.

Oleh: intisolar.com

Cara Kerja dan Keunggulan Inti Solar Sistem Tabung Vacuum

WhatsApp chat