Artikel, News & Event

Cara Memasang Solar Water Heater Dengan Material Pipa

Cara memasang solar water heater – Pemanas air menjadi salah satu produk trending beberapa tahun terakhir. Solar water heater atau pemanas air tenaga surya saat ini dapat diaplikasikan di rumah-rumah pribadi. Sekarang ini mandi air panas tidak hanya dapat dilakukan di hotel, kini di rumah pun dapat dengan mudah menggunakan pemanas air untuk mandi. Jika dahulu kebanyakan masyarakat Indonesia harus merebus air dahulu untuk dapat mandi dengan air hangat, kini dengan mesin pemanas air semua itu sudah tidak dibutuhkan.

Cara memasang solar water heater dengan pipa

Saat musim penghujan atau cuaca sedang dingin, mandi air hangat tentu menjadi pilihan banyak orang. Terlebih air hangat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Proses instalasi mesin pemanas air tenaga matahari harus bersamaan dengan pemasangan pipa bersih. Berikut ini cara pemasangan lebih lengkapnya:

1. Menentukan titik keran air panas

Langkah pertama dalam memasang mesin pemanas tenaga matahari adalah dengan menentukan titik keran air panas. Untuk penentuan titik ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Secara umum, pemasangan keran air panas dilakukan di kamar mandi, wastafel atau dapur.

Apabila lokasi titik keran sudah ditentukan, selanjutnya tentukan pula lokasi dimana mesin pemanas air akan ditempatkan. Khusus untuk mesin pemanas air tenaga surya, peletakan adalah di luar ruangan. Tepatnya di atas bangunan sehingga panel kolektor dapat mengumpulkan sinar matahari secara maksimal. Hitunglah jarak antara titik keran dengan lokasi mesin pemanas supaya mempermudah dalam perhitungan kebutuhan pipa.

2. Menentukan model alat pemanas air

Cara kedua adalah dengan menentukan model alat pemanas air yang dilakukan dengan penyesuaian kebutuhan pula. Khusus untuk keperluan mandi serta wastafel, kapasitas tangki pemanas air tenaga surya yang dibutuhkan hanya 10 liter. Namun jika kebutuhan suplai air panasnya lebih banyak, maka gunakan tangki dengan kapasitas lebih dari 30 liter. 

3. Memilih material pipa untuk instalasi

Selanjutnya, pilihlah material pipa untuk proses instalasi. Pemilihan pipa akan sangat berpengaruh pada ketahanan kinerjanya. Karena air yang akan didistribusikan adalah air hangat dan cenderung panas, maka gunakan pipa berkualitas tinggi dengan desain tebal dan kuat. Jenis material pipa yang banyak digunakan adalah tembaga serta ripeng. Namun, pipa dengan material besi akan sangat rawan bocor dan akan sulit mengatasi jika terjadi kebocoran. Jadi, bijaksanalah dalam memilih jenis material pipa yang tepat.

4. Menghubungkan pemanas dengan pipa yang telah dirangkai

Terakhir, hubungkan pemanas air tenaga solar yang telah terpasang mesinnya dengan pipa yang telah disiapkan. Proses instalasi ini tentu saja melewati dinding serta genting. Untuk itu, perlu ketelitian dan kehati-hatian dalam proses instalasinya supaya hasilnya rapi dan optimal.

Di Indonesia yang merupakan negara tropis dan memiliki sinar matahari melimpah tentu akan sangat mudah dalam mengaplikasikan mesin solar water heater. Selain mudah diaplikasikan dengan beberapa langkah dan cara memasang solar water heater di atas, mesin ini juga sangat mendukung penghematan energi.

Sumber: intisolar.com