Artikel, News & Event

Cara Merawat Element Heater dan Anoda Magnesium

Cara Merawat Element Heater dan Anoda Magnesium

Cara merawat element heater dan anoda magnesium perlu diketahui agar mesin pemanas dapat berkerja secara normal dan optimal. Element heater dan anoda magnesium merupakan dua dari berbagai macam komponen yang tergolong sebagai komponen utama. Kedua komponen tersebut perludijaga aau dirawat dengan sebaiknya karena merupakan kunci dari kinerja pemanas air tenaga solar menjadi maksimal. Perawatan dilakukan supaya element heater terhindar dari korosif dan anoda magnesium tidak tergerus habis.

Cara Merawat Element Heater dan Anoda Magnesium

Pemeliharaan pemanas air tenaga matahari dapat dilakukan sendiri di rumah dan tidak memakan banyak biaya. Hal inilah yang menjadi keuntungan penggunaan pemanas air tenaga matahari selain dapat hemat energi jika dibandingkan pemanas air tenaga listrik dan gas. Di dalam pemanas air tenaga surya terdapat beberapa komponen. Dua di antaranya adalah element heater dan anoda magnesium. Berikut ini beberapa cara untuk merawat element heater dan anoda magnesium.

1. Putuskan sambungan atau arus listrik

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah memutuskan sanbungan arus listri. Hal ini dilakukan untuk menghindari kecelakaan atau masalah kerja di tengah proses perawatan. Pemutusan arus listrik ilakukan dengan mencabut atau mematikan MCB serta ELCB.

2. Melepas seluruh kabel

Setelah mematikan MCB sehingga pemanas air tenaga matahari terbebas dari arus listrik, cabut atau lepaskan seluruh kabel dari thermostat. Barulah setelah itu lepaslah baut elektrik heater.

3. Melakukan pemeriksaan pada element heater dan anoda magnesium

Setelah mesin pemasan terbebas dari aurs listrik dan seluruh kabel yang sebelumnya menempel di thermostat, langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan pada element jeater dan anoda magnesium. Pastika element heater tidak terkorosi atau berkarat serta anoda magnesium tidak terkorosi ataupun habis tergerus. Jika element heater atau anoda magnesium mengalami korosi atau habis tergerus, maka harus dilakukan langkah pelepasan sisa komponen tersebut. lalu melakukan penggantian komponen dengan komponen yang baru.

4. Bersihkan element heater atau anoda magnesium

Apabila setelah melakukan pengecekkan pada solar water heater dan ditemukan element heater atau anoda magnesium terkena korosi sedikit, maka jangan langsung menggantinya. Lakukan dahulu proses pembersihan dan pengerokan. Pembersihan dilakukan dengan menggunakan amplas halus untuk menghilangkan korosi kemudian dibersihkan dengan guyuran air. Khusus untuk anoda magnesium, proses pembersihan dari korosi atau karat dapat dilakukan dengan sikat kawat yang lebih keras dibanding amplas. Kemudian siram dengan air bersih dampai terbebas dari korosi.  

5. Pasangkan kembali element heater dan anoda magnesium

Setelah dibersihkan, barulah pasang kembalu anoda magnesium ke tempat semula di dalam tangki penampungan air.

Cara Mengganti Anoda Magnesium

Bagi yang masih penasaran, berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengganti anoda magnesium.

  1. Membuka dob karet di bagian samping dengan cara dicongkel sampai dop dapat dikeluarkan.
  2. Membersihkan polyurethane yang menutupi anoda dengan mengikis kotoran menggunakan cutter sesuai diameter pada lubang dop.
  3. Kemudian keluarkan anoda magnesium dengan memakai kunci shock 34 mm.
  4. Gantlah anoda magnesium dengan yang baru. Jangan lupa sesuaikan ukurannya dengan ukurna tangki.
  5. Lalu masukkan anoda magnesium ke dalam lubang memakai kunci shock 34 mm kemudian kaitkan baut hingga kencang supaya tak ada kebocoran.
  6. Terakhir, tutuplah lubang magnesium dengan dop hingga rapi dan pastikan air tak dapat masuk ke lubang tersebut.

Demikianlah beberapa penjelasan mendalam mengenai cara merawat element heater dan anoda magnesium yang dapat dengan mudah dilakukan. Proses penggantian anoda magnesium harus dilakukan dengan penyesuaian ukuran dengan tangki.

Oleh: intisolar.com