Fungsi Anoda Magnesium Pemanas Air Tenaga Matahari

Fungsi Anoda Magnesium Pemanas Air Tenaga Matahari

Fungsi anoda magnesium Pemanas air tenaga matahari – Jika dibandingkan dengan pemanas air tenaga listrik atau gas, tentu saja penggunaan sinar matahari pada pemanas air lebih hemat energi. Pamanas tersebut menggunakan sinar matahari yang merupakan sumberdaya alam dapat diperbarui sebagai sumber energi utama.

Fungsi anoda magnesium pemanas air tenaga matahari

Mengaplikasikan anoda magnesium pada unit pemanas air tenaga surya dapat membuat alat ini lebih awet. Manfaat pemasangan anoda magnesium adalah mencegah munculnya karat pada tangki pemanas. Memang belum banyak orang yang mengetahui manfaat pemasangan anoda magnesium. Anoda magnesium sebaiknya diaplikasikan dan normalnya diganti 1 hingga 2 tahun sekali. Jangan sampai terlambat untuk mengganti anoda magnesium karena keterlambatan tersebut akan membuat karat mudah muncul dan tangki pemanas rawan terjadi kebocoran.

Tips menjaga pemanas air tenaga matahari lebih awet

Selain pemasangan anoda magnesium pada solar water heater. Terdapat beberapa tips lainnya untuk membuat pemanas air lebih awet, seperti:

  • Memperhatikan kualitas air

Hal yang paling utama dan wajib dilakukan sebelum memasang pemanas air bertenaga surya adalah memastikan air yang digunakan sebagai sumber merupakan air yang memnuhi standar. Air berstandar untuk dipasang pemanas air menggunakan tenaga matahari adalah air yang bersih, bebas kapur, tidak bertanah, tidak berminyak serta tidak mengandung zat besi yang terlalu tinggi.

Penggunaan air dengan kondisi yang tidak diperkenankan dapat menyumbat aliran pada mesin water heater sehingga akan terjadi endapan kotoran. Hal ini tentu akan membuat unit dan komponennya menjadi cepat rusak. Untuk mengatasinya, Anda dangat disarankan untuk memasang kran air yang dilengkapi dengan filterasi sehingga air yang disuplai ke mesin memang sudah benar-benar dalam kondisi bersih.

  • Membersihkan tangki secara rutin

Menjaga kebersihan tangki adalah salah satu kunci untuk membuat pemanas air dengan tenaga surya menjadi lebih awet dan tahan lama. Tangki pada pemanas air tenaga solar merupakan salah satu tempat yang sangat rawan terjadi endapan kotoran hingga koros karat. Supaya endapan dan koros tidak muncul, lakukan pengurasan tangki secara rutin. Setidaknya satu kali dalam enam bulan. Pastikan tak ada kotoran yang tertinggal karena dapat menyebabkan bau tak sedap pada air. Seperti bau logam. 

  • Melakukan servis berkala

Untuk menjaga kinerja pemanas air tenaga matahari supaya tetap maksimal, lakukan pula servis secara berkala. Jangan menunggu sampai terjadi kerusakan. Dengan menservis, akan mudah dideteksi jika ada kerusakan komponen yang tak terlihat. Sangat disarankan pula untuk menaikan tuas safety valve secara berkala supaya air bisa keluar dan tidak ada penyumbatan.

Setelah membaca ulasan di atas, tentu Anda menjadi lebih paham tentang fungsi anoda magnesium pemanas air tenaga matahari agar tangki lebih tahan lama. Pemanas air juga harus dirawat untuk mencegah berbagai kerusakan yang mungkin terjadi.

Sumber: intisolar.com

WhatsApp chat