Artikel, News & Event

Hemat Listrik Dengan Pemanas Air Tenaga Surya

Hemat listrik dengan pemanas air tenaga surya memang benar adanya. Mengapa? Karena pemanas yang satu ini hanya menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi utama. Jika dibandingkan dengan pemanas air tenaga listrik atau gas, pemanas bertenaga surya jauh lebih aman, efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan sinar matahari adalah sumber energi terbarui. Berbeda dengan kedua pemanas yang lain yang menggunakan sumber daya alam tak terbarui.

Hemat Listrik Dengan Pemanas Air Tenaga Surya

Selama ini, pemanas air tenaga listrik merupakan salah satu dari tiga besar perabot elektronik yang memakan 15% tagihan listrik setiap bulannya di samping AC dan kulkas. Untuk itu, supaya dapat melakukan penghematan energi listrik, pemanas air tenaga surya adalah pilihan yang tepat dan recommended. Sudah diketahui banyak pihak bahwa air panas merupakan salah satu komponen yang diperlukan oleh masyarakat di jaman modern saat ini.

Air panas dapat digunakan untuk berbagai keperlua mulai dari mandi dan keperluan lainnya. terlebih mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh menjadi kembali fresh. Kesehatan kulit, tulang, otot dan sendi pun lebih optimal jika mandi menggunakan air hangat. Karena itulah saat ini pemanas air sudah banyak diaplikasikan tak hanya untuk kepentingan komersial saja namun juga diaplikasikan di perumahan pribadi.

Meningkatnya pertumbuhan dan kelahiran membuat bumi semakin banyak dihuni oleh manusia. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada keseimbangan alam jika penggunaan sumber daya alam tidak dikontrol dan diatur dengan baik. Salah satu sumber daya alam yang semakin menipis ketersediaannya adalah energi listrik. Energi listrik merupakan sumber daya alam tak terbarui yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat dunia.

Meski berbagai cara telah ditempuh seperti menaikkan tarif langganan listrik, namun nyatanya masih banyak orang yang tutup telinga. Jika terus menerus digunakan secara berlebihan, yang akan mendapat masalah adalah generasi penerus yang akan kesulitan dalam menggunakan energi listrik. Sebagai manusia yang bijak, sudah semestinya mulai sekarang mengambil langkah-langkah penhematan energi untuk kehidupan yang lebih baik. Salah satunya dengan menggunakan solar water heater untuk pemenuhan air panas atau hangat.

Sistem kerja pemanas air tenaga matahari adalah dnegan menangkap panas sinar matahari menggunakan panel kolektor. Dimana di atasnya terdapat penutup dari kaca dan di dalamnya telah terdapat saluran pipa. Saluran pipa tersebut nantinya akan menyalurkan panas matahari ke tangki penampung yang akan menjaga suhu air tetap panas layaknya termos. Dari tangki itulah air panas kemudian didistribusuikan ke titik-titik kerana au shower para penggunanya.

Melalui penjelasan di atas, dapat terjawab sudah pertanyaan atas berapa lama memasang pemanas air tenaga solar yang telah banyak diaplikasikan oleh masyarakat saat ini. Kini pemanas jenis ini tak hanya digunakan untuk keperluan komersial namun juga sudah banyak digunakan di perumahan pribadi.

Oleh: intisolar.com