News & Event

Kejelian Dalam Memilih Pemanas Air Tenaga Surya

Kejelian Dalam Memilih Pemanas Air Tenaga Surya

Kejelian dalam memilih pemanas air tenaga surya – Perlu Anda tahu terlebih dulu bahwa akan ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan alat pemanas air tenaga surya ini. Selain hemat, Anda pun bisa lebih dimudahkan lagi pada saat ingin mandi dengan air hangat. Sebab disini Anda sudah tak perlu lagi harus memasak air dengan kompor. Dengan cara yang lebih praktis tersebut pastinya akan sangat memudahkan pekerjaan rumah tangga Anda.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan manfaat lain jika mandi dengan air panas, seperti halnya tubuh jadi lebih bersih dan sehat, membuka pori – pori kulit layaknya mengoleskan krim perawatan kulit, mengurangi stress akibat beban pikiran yang berat maupun suntuk, melancarkan peredaran darah, mengobati batuk, mengatasi insomnia, menyingkirkan kulit pecah – pecah, mengobati flu dan deman, menghilangkan racun didalam tubuh, dan masih ada banyak lagi manfaat dari mandi air hangat yang bisa Anda dapatkan.

Namun, untuk membeli mesin atau alat pemanas air khususnya untuk pemanas air tenaga surya ini pasti tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan atau cermati, diantaranya sebagai berikut.

Kejelian Dalam Memilih Pemanas Air Tenaga Surya

Kinerja panel kolektor

Panel flat plate pemanas air tenaga surya ini adalah yang lebih bagus jika dibandingkan dengan panel kolektor vacuum tubes. Hal tersebut dikarenakan di daerah tropis berawan, dimana udara lembab bisa pengaruhi kinerja vacuum tubes. Berbeda halnya apabila ada di daerah sub tropis yang jarang sekali ada awan, maka kinerjanya bisa maksimal. Ini artinya vacumm tubes paling cocok untuk daerah sub tropis, jika untuk di daerah tropis akan alami banyak kendala. Sementara itu, untuk daerah tropis yang paling cocok adalah menggunakan panel flat plate.

Tangki penyimpanan air panas

Pastikan terlebih dulu enamel tank standard internasional anti karat untuk kondisi air apapun, baik air tawar ataupun air laut. Jika tangki dari stainless steel, akan sangat rawat sekali terjadi karat dan bocor dari sumber air yang mengandung zat kimia tinggi.

Memastikan system pressuries tank

System pressuries digunakan untuk mendapatkan air panas yang deras dan juga nyaman dinikmati pada saat membuka kran air panasnya. System non pressueries, artinya berdasar gravitasi system distribusi air panas yang bertekanan kecil, kurang nyaman pada saat digunakan mandi.

Memastikan mesin pemanas air sudah dilengkapi back up pemanas cadangan

Guna mengatasi penggunaan yang berlebihan ataupun jika matahari kurang bersahabat, maka pemanas yang tak dilengkapi dengan pemanas cadangan ketika pemakaian berlebih maka alat tidak akan berfungsi. Begitu pun jika matahari tidak bersahabat, maka mesin pemanas air juga tidak bisa difungsikan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang kejelian dalam memilih pemanas air tenaga surya. Semoga informasi diatas bermanfaat.