Ketahui Keuntungan Gunakan Mesin Pemanas Air Tenaga Surya

Ketahui Keuntungan Gunakan Mesin Pemanas Air Tenaga Surya

Ketahui Keuntungan Gunakan Mesin Pemanas Air Tenaga Surya

Keuntungan gunakan mesin pemanas air tenaga surya – Pada saat Anda memutuskan untuk menggunakan mesin pemanas air tenaga surya atau yang juga disebut dengan solar Water Heater, maka Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungannya dibandingkan jenis pemanas air lainnya yang saat ini sedang beredar di pasaran. Akan tetapi karena harga serta biaya pemasangannya yang lebih mahal, sehingga membuat pemanas air tenaga surya tersebut biasanya diminati oleh kalangan menengah ke atas. Padahal apabila dikaji lebih dalam lagi, solar Water Heater tersebut akan memberi lebih banyak keuntungan, baik itu dari segi keamanan, efisiensi, dan dampak terhadap lingkungan.

Ketahui Keuntungan Gunakan Mesin Pemanas Air Tenaga Surya

Sebagai sumber energi gratis selamanya

Seperti namanya, mesin pemanas air ini pastinya berfungsi untuk memanaskan air menggunakan energi panas matahari melalui panel surya, lalu disimpan dalam tabung untuk kemudian dialirkan ke jarigan instalasi pipa di rumah Anda. Sebab Indonesia ada pada daerah khatulistiwa dan juga beriklim tropis, sehingga mendapat paparan sinar matahari sepanjang tahun. Hal ini pasti akan sangat menguntungkan sekali jika Anda menggunakan mesin pemanas air tenaga surya tersebut.

Harga lebih ekonomis

Dikarenakan hanya menggunakan listrik di saat – saat tertentu saja, maka tagihan biaya listrik untuk mesin pemanas air satu ini tentu akan lebih kecil dibandingkan Anda harus menggunakan mesin pemanas air listrik. Sisi lainnya, investasi awal mesin tersebut tergolong sangat besar, sebab biaya pemasangan serta harganya yang mahal. Tetapi distributor umumnya memberi garansi panjang, bahkan sampai 8 tahun. Nah, dengan rentang waktu tersebut, pemanas air listrik biasanya sudah alami keruskan, bahkan ada yang sudah menggantinya hingga beberapa kali. Dengan begitu biaya keseluruhan pemanas air listrik, termasuk halnya dengan tagihan listrik per bulannya pada akhirnya tetap lebih besar dibandingkan pemanas air tenaga surya.

Sangat ramah lingkungan dan lebih aman

Dikarenakan memanfaatkan energi panas dari sinar matahari, sehingga mesin pemanas air tenaga surya tersebut tak akan hasilkan sisa proses pemanasan seperti asap atau zat polutan yang berbahaya lainnya. Sehingga yang demikian tersebut pastinya akan sangat berbeda jika Anda menggunakan pemanas air listrik atau gas, keduanya akan hasilkan karbondioksida sebagai sisa proses pemanasan. Tak hanya itu, juga ada resiko kebocoran yang sangat membahayakan. Arus listrik bisa saja merambat lewat air. Apabila terjadi korsleting dan tidak langsung diketahui, maka bisa memicu kebakaran. Sementara itu, pemanas air dengan model gas sudah pasti akan hasilkan asap pembakaran. Jika terjadi kebocoran pada pipa gas, maka resiko kebakaran dan ledakan pun jadi lebih besar.

Demikianlah beberapa ulasan tentang keuntungan gunakan mesin pemanas air tenaga surya yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

WhatsApp chat