Manfaat Pemanas Air Tenaga Surya untuk Atasi dan Cegah Stres

Manfaat Pemanas Air Tenaga Surya untuk Atasi dan Cegah Stres

Pemanas air tenaga surya telah digunakan sejak lama untuk menghasilkan air hangat alami. Berbeda dari water heater lainnya, pemanas air ini menggunakan sinar matahari yang dipantulkan dan diolah langsung sehingga bisa mengubah air dingin menjadi panas. Air hangat digunakan untuk mandi atau berendam setelah kehujanan atau ketika suhu ruangan sangat dingin. Siapa yang menyangka, jika air hangat juga efektif mengatasi stress.

Manfaat Pemanas Air Tenaga Surya untuk Atasi dan Cegah Stres

Stress bukanlah penyakit yang mematikan namun bila tidak ditangani dengan benar, secara perlahan akan menggerogoti kesadaran penderita yang kemudian membahayakan jiwanya. Setiap tahunnya, banyak sekali kasus bunuh diri yang disebabkan karena depresi. Sebenarnya kita masih bisa menghindari stress dengan melakukan banyak hal termasuk mandi air hangat. Air hangat diyakini mampu mengendalikan otot kardiovaskular sehingga efektif untuk mengurangi kecemasan. Berikut ini manfaat mandi air hangat untuk cegah dan hilangkan stress:

1. Mengeluarkan Hormon Dopamin

Pada saat berendam di air hangat, hormon dopamine secara otomatis akan dikeluarkan terus menerus oleh saraf parasimpatis. Hormon ini dapat melawan pemicu depresi dan stress dengan baik. Apalagi bila berendamnya menggunakan solar water heater yang terbukti lebih alami dan berkualitas.

2. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Salah satu pemicu depresi dan stress adalah kurang istirahat. Untuk mengatasi hal ini, penderita mungkin bisa menelan pil tidur tapi efek sampingnya tidak baik untuk kesehatan. Cara lain yang efektif untuk mengatasi insomnia adalah mandi air hangat. Zat melatonin akan dihasilkan oleh tubuh selama berendam dengan air hangat, zat ini bekerja secara aktif untuk membuat penderita insomnia mengantuk lalu tertidur secara alami.

3. Rileksasi Tubuh dan Pikiran

Pemanas air tenaga matahari mungkin awalnya hanya digunakan untuk menghangatkan tubuh setelah kehujanan. Padahal, air hangat yang telah dicampurkan dengan minyak aromaterapi efektif untuk membuat pikiran tubuh menjadi rileks. Penderita depresi atau insomnia cukup berendam selama 20 menit sebelum tidur.

Tips Atasi dan Cegah Stres dengan Air Hangat

Mandi air hangat tanpa tambahan apapun mungkin terasa membosankan. Bila bosan memakai sabun mandi, gunakan bahan-bahan alami seperti jahe, garam dan lemon. Selain ketiga bahan alami tersebut, bisa juga memanfaatkan minyak lavender. Aroma dari lavender bekerja dengan baik untuk membuat tubuh merasa nyaman. Cara menghindari stress sebenarnya tidak sulit sama sekali, tidak perlu liburan atau pergi ke tempat-tempat ramai. Cukup dengan berendam dengan air hangat menggunakan pemanas air tenaga solar tubuh akan kembali merasa nyaman, pikiran pun menjadi tenang.

Setelah mengetahui manfaat menggunakan pemanas air tenaga surya, masih ragukah untuk menggunakan produk ini? Produk ini tidak hanya bagus sebagai pemanas air biasa, tapi juga memiliki banyak manfaat lainnya yang belum tentu dimiliki oleh produk lainnya.

Oleh: intisolar.com

Manfaat Pemanas Air Tenaga Surya untuk Atasi dan Cegah Stres

WhatsApp chat