Perbandingan Pemanas Air Tenaga Matahari, Listrik, AC, dan Gas

Perbandingan Pemanas Air Tenaga Matahari, Listrik, AC, dan Gas

Perbandingan Pemanas Air Tenaga Matahari, Listrik, AC, dan Gas

Pemanas air tenaga matahari – Ada banyak tipe pemanas air yang tersedia di pasaran yaitu water heater bertenaga matahari/ surya, listrik, AC, serta gas. Dari situ Anda bisa mempertimbangkan mana yang ingin dibeli sebab masing-masing punya kriteria dan karakteristik sendiri. Yang terpenting jangan hanya mempertimbangkan dari segi kemudahan, namun juga biaya, keamanan, dan mana yang lebih efektif serta efisien dalam pemakaian.

Perbandingan pemanas air tenaga matahari, listrik, AC, dan Gas

  1. Pemanas air bertenaga matahari/ surya

Tipe pemanas air paling hemat biaya dibandingkan yang lainnya sebab sumber tenaga berasal dari sinar matahari yang gratis. Ukuran tabungnya juga besar dan sangat cocok dipakai baik kebutuhan rumah tangga maupun bisnis seperti hotel, Spa, apartemen, dan sebagainya. Selain itu, pemanas air tenaga surya ini lebih ramah lingkungan karena dapat mengurangi pemakaian listrik dan gas yang notabene bisa menghasilkan polusi udara. Belum lagi, bahan bakar gas yang makin dikuras habis.

  1. Pemanas air bertenaga listrik

Ada 2 tipe pemanas air bertenaga listrik yang tersedia di pasaran yaitu: dengan tabung reservoir dan non tabung reservoir. Biaya operasional pemanas air ini cukup tinggi, apalagi semakin besar tabung yang dipakai maka pemakaian listrik juga makin banyak. Selain itu harga per unitnya juga lumayan panas. Tetapi ketersediaan listrik akan selalu ada dan pemasangannya juga amat mudah.

  1. Pemanas air bertenaga gas

Harga per unit pemanas air jenis ini cukup murah, sayangnya jika nanti di tengah-tengah mandi maka gas bisa sewaktu-waktu habis. Jadi terpaksa Anda memakai air dingin. Selain itu, bahan bakar gas kurang ramah lingkungan jika dibandingkan dengan solar water heater. Di masa mendatang dan dalam jangka waktu panjang, tenaga gas juga makin lama makin habis karena over pemakaian.

  1. Pemanas air bertenaga AC

Pemanas air yang memanfaatkan energi panas dari mesin outdoor AC yang dibelokkan ke dalam pipa tabung berisi air yang mengalir. Memang merupakan teknologi terkini yang lebih hemat jika dibandingkan dengan pemanas air bertenaga listrik serta gas. Pemanas air ini juga bisa dipasangkan untuk perhotelan, rumah, apartemen, perkantoran, dan lainnya.

Itu tadi beberapa jenis pemanas air yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan serta budget yang ada. Lebih baik dalam memilih pemanas air, pertimbangkan jumlah anggota keluarganya terlebih dahulu. Jika jumlah anggota banyak, maka sebisa mungkin akan lebih baik memakai pemanas air yang lebih hemat pengeluaran atau biaya. Contohnya yaitu solar water heater.

Pemanas air tenaga matahari ini lebih hemat dari segi ekonomis sebab tenaga matahari yang gratis. Selain itu, pemanas ini juga awet dan perawatannya sangat mudah. Anda tidak perlu bayar mahal dengan memasang tipe water heater tersebut.

 

Deskripsi: Perbandingan pemanas air tenaga matahari dengan jenis pemanas lainnya seperti listrik, gas, dan AC. Manakah yang lebih baik dan sesuai untuk kebutuhan Anda?

Tags: pemanas air tenaga matahari, pemanas air tenaga surya, jenis pemanas air

Perbandingan Pemanas Air Tenaga Matahari, Listrik, AC, dan Gas

WhatsApp chat