Artikel, News & Event

Trend Rumah Tangga Terbaru Menggunakan Solar Water Heater

Trend rumah tangga terbaru menggunakan solar water heater memang menjadi sangat popular saat ini. Air panas sudah menjadi kebutuhan umum masyarakat untuk berbagai hal mulai dari mandi hingga keperluan lainnya. Pemasangan pemanas air tenaga matahari memang dinilai lebih mahal dibandingkan dengan pemanas air tenaga listrik ataupun gas. Namun jika dilihat dari segi efisiensinya, solar water heater sangatlah jauh lebih efektif dan efisien.

Trend Rumah Tangga Terbaru Menggunakan Solar Water Heater

Unit pemanas air bertenaga matahari memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi utama. Lalu bagaimana jika ketersediaan sinar matahari terhambat semisal karena awan hingga curah hujan tinggi? Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai pemanas air tenaga surya ialah sebagai berikut.

  • Dilengkapi back up heater

Menyambung penjelasan mengenai ketersediaan sinar matahari yang terbatas di atas, tak perlu cemas. Pada unit pemanas air bertenaga solar terpasang komponen khusus yang bernama back up heater. Komponen yang satu ini bekerja dengan aliran arus listrik. Back up heater nantinya akan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan air panas ketika kebutuhan sinar matahari tak terpenuhi.

  • Solar water heater tetap menggunakan listrik

Melalui penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pemanas air bertenaga surya ternyata juga masih menggunakan listrik. Lalu apa bedanya dengan pemanas air tenaga listrik? Ya tentu jawabannya sangat jauh berbeda. Pemanas air tenaga listrik benar-benar murni hanya menggunakan arus listrik sebagai sumber energi utama dalam menjalankan fungsi unit pemanas tersebut. sedangkan pemanas air surya sepenuhnya menggunakan sinar matahari sebagai sumber tenaga. Hanya saja, ketika kondisi atau cuaca tidak memungkinkan barulah back up heater yang menggunakan energi listrik berjalan. Karena Indonesia merupakan negara tropis, jadi curah sinar matahari dapat dibilang sangat melimpah. Kalaupun membutuhkan back up heater pastilah hanya sesekali saja. Hal ini tentu dapat menekan penggunaan sumber daya alam tak terbarui serta dapat menekan pengeluaran tagihan listrik setiap bulannya.

  • Back up heater tersedia dalam berbagai ukuran

Para pengguna solar water heater dapat memilih ukuran back up heater. Pemilihan ini disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya yakni kapasitas air panas yang diperlukan untuk setiap harinya. Beberapa ukuran back up heater antara lain 500 watt, 800 watt dan 1000 watt. Penggunaan back up heater dengan ukuran berapapun tak berpengaruh pada tagihan listrik. Hanya memberi pengaruh pada cepat lambatnya proses pemanasan air. Watt yang semakin kecil tentu membutuhkan waktu pemanasan lebih lama.

  • Jenis panel kolektor tube lebih optimal

Pemanas air surya memiliki berbagai jsistem dan jenis komponen. Salah satunya adalah panel kolektor. Jenis panel kolektor yang sedang popular karena menghasilkan suhu panas lebih tingi dan cepat adalah jenis tube atau tabung. Dibandingkan dengan panel flat, panel tube jauh lebih optimal.

Agar menjadi keluarga yang mengikuti trend rumah tangga terbaru menggunakan solar water heater tentunya aplikasikan unit pemanas air tersebut di rumah. Banyak manfaat positif yang dapat diambil dari penggunaan pemanas air tenaga surya salah satunya adalah dapat menghemat energi.

Oleh: intisolar.com