Waktu Terbaik Service Solar Water Heater

Waktu Terbaik Service Solar Water Heater

Waktu Terbaik Service Solar Water Heater

Waktu terbaik service solar water heater – Kapan service pemanas air memang tidak dilakukan secara sembarangan. Sebagai pengguna pemanas air tenaga surya yang bijak, tentu saja tidak harus menunggu sampai pemanas air mengalami kerusakan untuk dilakukan service. Pemanas air tenaga surya merupakan jenis pemanas air yang paling tepat digunakan dibanding pemanas air tenaga listrik atau gas. Terdapat beberapa alasan seperti lebih hemat energi, pemasangan lebih mudah, hingga perwatannya yang juga lebih mudah serta hemat.

Langkah perawatan solar water heater

Jangan menunggu sampai air hangat tidak terdistribusikan dengan lancar atau sampai terjadi kerusakan pemanas air tenaga surya. Sebagai pengguna yang cerdas, tentu Anda akan melakukan beberapa langkah perawatan yang dapat dengan mudah dilakukan sendiri oleh pemakainya seperti berikut ini:

  1. Melakukan pembersihan tangki

Tangki pemanas air tenaga surya harus selalu dijaga kebersihannya supaya seluruh komponen berjalan dengan normal. Pembersihan tangki dapat dilakukan dengan menguras air yang tersimpan di dalamnya. Selain tangki, pengguna juga sangat disarankan untuk selalu membersihkan peripheral sehingga pemanas air tenaga matahari dapat selalu berjalan optimal.

  1. Memanggil ahli servis secara berkala

Tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan atau servis dengan memanggil tukang servis pemanas air tenaga surya. Pemeriksaan atau service secara berkala dapat dilakukan dengan tahapan waktu seperti sekali dalam enam bulan atau maksimal satu kali dalam setahun. Jangan menunggu sampai ada kerusakan.

Waktu terbaik service solar water heater

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa sebaiknya servis pemanas air tenaga surya dilakukan secara berkala dan jangan menunggu sampai muncul kerusakan. Namun jika ternyata belum waktunya servis namun pemanas air telah mengalami beberapa indikasi bahwa tidak berjalan dengan lancar seperti berikut, maka inilah waktu yang tepat untuk memanggil ahli service pemanas air tenaga matahari.

  • Kandungan kapur dalam air sudah tinggi

Waktu untuk melakukan service yang paling tepat adalah ketika kandungan kapur dalam air yang tertampung dalam tangki pemanas sudah tinggi. Jenis air di masing-masing wilayah tentulah berbeda-beda. Segeralah lakukan servis pemanas air apabila kandungan kapurnya sudah tinggi. Kanungan kapur yang tinggi dapat menciptakan kerak yang akan mengganggu distribusi air panas.

  • Anoda magnesium sudah hampir habis

Anoda magnesium merupakan batang yang memiliki fungsi sebagai anti karat. Jika komponen ini sudah mengecil atau hampir habis, tandanya Anda harus segera melakukan servis untuk menggantinya. Anoda magnesium yang habis akan membuat kerusakan pada komponen lainnya.

  • Suhu air menurun drastis

Panggilah ahli servis pada saat suhu air panas sudah menurun dengan drastis dan tidak seperti biasanya. Lakukan terlebih dahulu pengecekan standar yang dapat dilakukan secara mandiri. Jika memang sudah tidak bisa mengangani, memanggil tukang servis adalah langkah paling tepat.

Demikianlah ulasan mengenai langkah-langkah perawatan mandiri pemanas air tenaga surya. Tak hanya itu, melalui ulasan di atas juga dijelaskan tentang waktu terbaik service solar water heater yang dapat membuat pemanas air tenaga surya dapat bertahan lebih lama.

Deskripsi: Penggunaan pemanas air tenaga surya membutuhkan perawatan mandiri serta servis berkala agar tahan lama. Kapankah waktu terbaik service solar water heater?

Tags: waktu terbaik service solar water heater, service pemanas air tenaga matahari, kerusakan pemanas air tenaga surya

 

 

Waktu Terbaik Service Solar Water Heater

WhatsApp chat