4 Cara Memperbaiki Permasalahan Pemanas Air Tenaga Surya

4 Cara Memperbaiki Permasalahan Pemanas Air Tenaga Surya

Saat ini pemanas air tenaga surya banyak digunakan oleh setiap rumah. Bagaimana tidak, mesin pemanas mampu mempermudah kegiatan sehari-hari. Tetapi, apabila mesin pemanas terjadi kerusakan, pastinya akan repot dan kegiatan sehari-hari menjadi terhambat. Itulah sebabnya berikut ini kami rangkum permasalahan umum mesin pemanas beserta cara mengatasinya.

Cara memperbaiki permasalahan umum pemanas air tenaga surya

  1. Terdengar suara bising

Apabila pemanas terdengar suara gemuruh dan bising, segera cari sumber suara tersebut. Jika suara bising bersumber dari pipa, maka penyebabnya adalah karena adanya tumpukan tekanan sedimen di dalam pipa itu sendiri.

Cara memperbaiki:

Jika memang benar suara bising tersebut berasal dari pipa, angkat tuasnya ke atas. Jika suara bising tetap ada saat tuas di angkat, segeralah untuk menghubungi tukang ledeng terdekat agar bisa dibenahi. Ini berguna agar masalah mesin tidak melebar ke bagian lainnya.

  1. Air keruh

Jika air keruh saat mengambil air dari solar water heater, segera periksa bagian penyimpanan pemanas. Air yang keruh disebabkan karena adanya bakteri dan mineral yang menumpuk di dalam penyimpanan tangki. Selain itu, memeriksa bagian pipa pemanas juga harus karena bisa jadi air keruh akibat pipa berkarat.

Cara memperbaiki:

Cobalah untuk mengeluarkan semua sisa air yang ada di dalam tangki pemanas sampai benar-benar habis, lalu isi ulang dengan air baru. Jika air baru tersebut masih saja keruh, itu artinya pipa pemanas sudah berkarat. Jadi Anda harus segera mengganti pipa dengan yang baru.

  1. Kurang air panas

Apabila Anda membutuhkan waktu yang cukup lama saat ingin mengambil air panas dari pemanas air tenaga matahari. Maka itu bisa jadi karena adanya endapan mineral yang tertumpuk di bawah tangki penyimpanan air. Jadinya batas aliran air menjadi terbatas sehingga air panas keluar dengan lamban.

Cara memperbaiki:

Untuk memperbaikinya, Anda harus membuang keluar endapan yang ada di dalam tangki penyimpanan. Jika tidak bisa, langsung saja untuk menghubungi tukang ledeng terdekat agar bisa segera dibenarkan.

  1. Air berbau

Seperti beberapa kasus, air panas berbau seperti telur yang busuk. Ini disebabkan karena adanya bakteri yang menumpuk di dalam air. Tetapi, di lain kasus, air berbau busuk diakibatkan karena batang anoda yang ada di tangki penyimpanan rusak.

Cara memperbaiki:

Untuk menghilangkan bau, cobalah untuk mengeluarkan semua air yang ada di dalam tangki penyimpanan. Jika air sudah diganti masih memiliki bau, maka bisa jadi itu adalah masalah yang serius. Jadi segeralah untuk menghubungi pihak ledeng terdekat untuk melakukan scrub pada tangki pemanas.

Demikianlah tadi masalah umum pemanas air tenaga surya beserta cara memperbaikinya. Agar terhindar dari masalah di atas, pastikan jika Anda menggunakan pemanas berkualitas. Dengan begitu kegiatan saat menggunakan air hangat dalam aktivitas sehari-hari tidak akan terganggu. Jadinya Anda bisa menggunakan air hangat setiap saat tanpa harus repot-repot memasak lagi.

 

Oleh: intisolar.com

WhatsApp chat