Cara Memeriksa Tekanan Air Solar Water Heater

Cara Memeriksa Tekanan Air Solar Water Heater

Dalam kehidupan sehari-hari, air hangat dari solar water heater memiliki peran yang sangat penting. Selain untuk mandi, air hangat juga digunakan untuk konsumsi sehari. Jadi tak heran apabila di setiap rumah selalu memiliki aliran air. Bahkan di setiap rumah harus memiliki tekanan air stabil agar air bisa digunakan dengan baik.

Begini cara memeriksa tekanan air solar water heater

  • Pegang pengukur dan ukur kamar mandi secara penuh.
  • Hitung berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengisi sebuah tabung di kamar mandi.
  • Waktu ideal mengisi tabung 1 liter hanyalah 6 detik, jika lebih dari itu maka tekanan pemanas air tenaga surya

Penyebab dari tekanan air yang rendah ini tentunya disebabkan oleh banyak alasan. Jadi Anda tidak bisa menyimpulkan secara cepat. Berikut ini kami rangkum beberapa penyebab yang paling umum:

  1. Masalah

Adanya permasalahan di bagian sumber air atau sistem utama aliran air di kota tempat tinggal. Jika sudah seperti ini, Anda harus melakukan pemeriksaan langsung ke sumber air di kota. Dengan begitu permasalahan tekanan air rendah bisa segera diatasi.

  1. Pipa tua

Tekanan air yang rendah juga bisa disebabkan karena kota masih menggunakan pipa tua, itulah sebabnya tekanan air di rumah menjadi rendah. Jika Anda mendapati masalah ini, cobalah untuk mengajukan komplain ke pusat sistem utama aliran air. Maka sistem pusat akan mencoba mengganti dan memperbaikinya.

  1. Tersumbat di bagian kepala pancuran

Kepala pancuran pemanas air tenaga solar tersumbat biasanya disebabkan karena adanya endapan mineral. Atau bisa juga adanya kotoran yang menumpuk, sehingga terkumpul dan membuat tekanan air menjadi rendah. Cek bagian kepala pancuran, jika Anda menemukan sebuah tumpukan, bersihkan dan buang. Nantinya tekanan air akan normal seperti biasa.

  1. Periksa bagian pengaturan pancuran

Jika tekanan air dari keran tidak ada masalah, cobalah untuk memeriksa pengaturan pancuran. Jika pengaturan pancuran dalam mode hemat air, maka ubah agar tekanan air dapat meningkat.

  1. Periksa pipa

Adanya kebocoran di bagian pipa juga bisa menjadi penyebab tekanan air rendah. Lakukan pengecekan di bagian pipa, temukan titik basah di antara pipa. Utamanya di bagian saluran utama. Apabila pipa ditemukan bocor, segera benarkan agar tekanan air di rumah bisa kembali seperti semula. Sehingga kegiatan sehari-hari dalam menggunakan air tidak akan terganggu.

  1. Toren terlalu rendah

Pemasangan toren yang terlalu rendah juga menjadi salah satu penyebab rendahnya tekanan air. Hal ini disebabkan karena pemasangan toren yang terlalu tinggi membuat tekanan air menjadi lebih rendah. Jadinya debit air yang dikeluarkan menjadi lebih lemah.

Jadi itulah tadi sekilas informasi terkait permasalahan tekanan air di rumah. Sejak dulu, air selalu menjadi kebutuhan yang paling penting bagi manusia. Karena sekarang sudah hadir alat solar water heater jadinya manusia semakin dimudahkan. Bagaimana tidak, jika sedang membutuhkan air hangat, Anda hanya tinggal mengambilnya saja.

 

Oleh: intisolar.com

Cara-Memeriksa-Tekanan-Air-Solar-Water-Heater

WhatsApp chat