Artikel

Apakah Water Heater Surya Ada Kekurangannya?

Menggunakan water heater surya memang memiliki sisi positif dan negatifnya tersendiri. Kedua hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi Anda yang masih bingung menentukan akan memasang water heater jenis apa di rumah. Berikut ini kami bagikan kekurangan dari water heater tenaga matahari. Simak lebih lengkap dalam artikel di bawah ini.

6 Kekurangan Water Heater Surya dan Alasannya

  1. Biaya instalasi

Biaya instalasi water heater jenis ini memang sedikit lebih mahal dibandingkan jenis lainnya. Hal ini disebabkan oleh banyaknya bagian yang harus dipasang. Mulai dari collector, pipa, tank, dan lain-lain.

Selain itu, proses pemasangannya pun cukup sulit. Anda memerlukan banyak tenaga ahli dalam jangka waktu lebih dari satu hari untuk memasangnya. Hal ini harus menjadi pertimbangan ketika akan memasang pemanas air jenis serupa.

  1. Memakan banyak ruang

Yang kedua, pemanas air tenaga matahari ini memakan banyak ruang. Anda harus menyediakan ketersediaan ruang yang cukup besar di bagian luar rumah. Nantinya, ruang tersebut akan digunakan untuk menyimpan tank penampung air.

Kemudian kekuatan atap pun perlu menjadi pertimbangan. Di bagian atap biasanya akan dipasang collector sebagai penerima radiasi sinar matahari. Sinar tersebutlah yang nantinya akan diubah menjadi energi untuk memanaskan air.

  1. Hanya bisa digunakan untuk air

Pemanas jenis ini hanya bisa digunakan untuk air. Untuk Anda yang tinggal di negara dengan empat musim, pemanas ini tidak bisa diubah menjadi pemanas ruangan. Jadi fungsinya hanya satu yaitu untuk memanaskan air saja.

Hal ini tentu menjadi tidak efisien jika Anda memang membutuhkan fungsi lainnya. Namun, untuk Anda yang hanya membutuhkan satu fungsi saja maka pemanas jenis ini adalah pilihan yang tepat.

  1. Pengaruh cuaca terhadap kinerja

Cuaca sangat mempengaruhi kinerja memanaskan air. Terutama jika hari sedang berawan dan tidak ada matahari. Hal ini akan menyebabkan panas air yang tidak maksimal. Terutama jika cadangan panas yang disimpan tidak mencukupi kapasitas.

  1. Biaya perawatan

Pemanas air tenaga solar ini memerlukan biaya lain selain biaya instalasi. Biaya tersebut adalah biaya perawatan. Anda harus memastikan sapakah ada kerusakan atau tidak di dalam alat pemanas secara berkala.

  1. Risiko pembekuan

Risiko pembekuan akan hadir jika Anda tinggal di daerah empat musim. Bukan tidak mungkin bagian collector akan tertutup salju. Kemudian air di dalam pipa sangat berpotensi untuk mengalami pembekuan akibat suhu di luar.

Akibatnya, air panas menjadi tidak bisa dihasilkan. Namun, terdapat cara untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan menggunakan sistem anti pembekuan. Nantinya, akan dipasang pipa khusus untuk mengalirkan air selama musim dingin. Tapi untungnya untuk mereka yang tinggal di Indonesia, hal ini tidak jadi masalah.

Meskipun terdapat kekurangan, water heater surya memiliki lebih banyak kelebihan. Contohnya seperti aspek ramah lingkungan, efisiensi, dan lain-lain. Tulisan ini bisa dijadikan sebagai referensi dalam menentukan penggunaan water heater bertenaga matahari ini.