Artikel

Daftar Alat dan Pemanas Air Tenaga Surya Yang Ramah Lingkungan

Saat ini menggunakan pemanas air tenaga surya yang ramah lingkungan sudah menjadi hal yang biasa digunakan pada rumah berkonsep ramah lingkungan. Hal ini karena rumah ramah lingkungan merupakan rumah yang akan lebih hemat energi. Dengan begitu Anda juga bisa lebih menghemat pengeluaran Anda untuk membayar listrik. Jika Anda berniat untuk membuat rumah Anda menjadi lebih ramah lingkungan, berikut adah peralatan yang biasa digunakan.

Daftar alat dan pemanas air tenaga surya yang ramah lingkungan

  1. Lampu ramah lingkungan

Alat elektronik pertama yang bisa digunakan untuk rumah ramah lingkungan adalah lampu surya. Lampu surya merupakan lampu yang menggunakan energi sinar matahari sebagai sumber energi agar bisa menyala. Jadi Anda bisa menghemat energi listrik di rumah Anda. Lampu ramah lingkungan ini menggunakan panel surya fotovoltaik yang berguna untuk menyerap energi matahari dan menggunakannya saat dibutuhkan penerangan yaitu pada malam hari. Jadi lampu surya ini cocok digunakan untuk Anda yang ingin lebih hemat listrik.

  1. Pemanas air tenaga matahari

Pemanas air yang satu ini sudah sangat umum dan sering ditemukan di berbagai toko yang menjual pemanas air. Pemanas air ini menggunakan teknologi panel surya yang berguna untuk menangkap sinar panas dari matahari. Panas dari matahari tersebut kemudian akan disimpan dan mengubah air biasa menjadi air panas. Solar water heater ini mampu memanaskan air sekitar 12 liter. Juga terdapat tangki yang berfungsi untuk menyimpan air dan mempertahankan suhu air agar tetap panas. Pemanas air ini sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai pengganti water heater listrik yang biasanya akan memakan daya listrik yang cukup besar.

  1. Kipas solar

Mungkin Anda jarang mendengar kipas ramah lingkungan yang satu ini. Kipas ramah lingkungan memang jarang ditemukan namun bukan berarti tidak ada. Kipas ini sama halnya dengan lampu solar dimana menggunakan bantuan fotovoltaik untuk membantu menyimpan energi yang diserap. Sumber energi dari kipas solar ini menggunakan gelombang panas yang ada di dalam rumah dan mengubahnya menjadi energi angin untuk mendinginkan udara. Kipas solar yang satu ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin membuat rumah dengan konsep ramah lingkungan sehingga akan lebih hemat banyak listrik.

  1. Sistem masak dengan solar

Hampir sama dengan pemanas air tenaga matahari, sistem memasak dengan tenaga solar ini juga menggunakan energi cahaya mataharinya untuk mengubahnya menjadi energi panas. Alat memasak yang menggunakan sistem ini seperti ceret, kompor dan alat grill. Cara kerja dari alat memasak ini adalah dengan menggunakan bantuan cermin yang reflektif yang berguna mengumpulkan sinar matahari agar sampai ke titik fokus tunggal agar Anda bisa memasak makanan.

Demikian adalah artikel mengenai pemanas air tenaga surya yang ramah lingkungan untuk Anda yang ingin menghemat listrik.

 

Oleh: intisolar.com