Artikel, News & Event

Air Hangat dari Solar Water Heater Untuk Terapi Asam Urat

Solar water heater merupakan salah satu jenis pemanas air yang sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh masyarakat. Dahulu penggunaan air panas cenderung hanya dapat dilakukan oleh orang-orang kalangan atas. Namun kini pemanas air sudah sangat umum diaplikasikan oleh masyarakat berbagai kalangan.

Air hangat dari solar water heater untuk terapi asam urat

Banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan dari menggunakan air hangat untuk mandi. Tak hanya sekedar menjauhkan dari hawa dingin saja, ternyata mandi dengan air hangat sangat baik untuk para penderita asam urat. Dan sumber air hangat yang paling baik adalah dari pemanas air tenaga matahari. Berikut ini beberapa tata cara terapi air hangat untuk asam urat:

  • Suhu air hangat yang tepat untuk terapi

Terapi untuk penderita asam urat memang sangat beragam. Namun ada salah satu terapi yang sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan dengan hasil yang cukup optimal dalam mengurangi nyeri asam urat bahkan dalam menyembuhkan asam urat yang sudah lama diderita. Salah satu hal yang wajib diperhatikan pada saat hendak melakukan terapi air hangat adalah suhu atas air hangat tersebut.

Suhu air hangat yang sangat direkomendasikan adalah 33 hingga 37 derajat Celsius. Pemanas air tenaga surya sangat tepat dijadikan pilihan karena para penggunanya dapat melakukan pengaturan suhu sesuai kebutuhan dengan mudah. Jika air hangat yang digunakan untuk terapi bersuhu lebih dari 40 derajat, maka akan memberi dampak negatif pada kesehatan tulang hingga organ lainnya.

  • Berendam dengan air hangat pada bak besar

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya sebelum menggunakan air hangat untuk terapi asam urat adalah tempat di mana berendam itu dilakukan. Asam urat dapat memberikan rasa nyeri di berbagai titik misalnya pada kaki, lutut atau bahkan tangan. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya berendam air hangat dilakukan di kolam atau pada bak mandi yang besar yang dapat menampung seluruh tubuh masuk ke sana. Apabila seluruh tubuh dapat terendam seluruhnya, maka proses terapi dapat berjalan lebih maksimal dan hasilnya pun akan lebih cepat terasa.

  • Bergerak ringan supaya hasil lebih maksimal

Selain berendam menggunakan air hangat yang berasal dari pemanas air tenaga solar, perhatikan pula jadwal terapi agar dilakukan secara rutin. Dalam proses terapi menggunakan air hangat, usahakan tubuh tetap bergerak meski hanya gerakan ringan. Gerakan ringan dapat mampu memberikan rangsang aliran darah pada otot hingga sendi yang kaku akibat tingginya kadar asam urat. Dengan begitu, otot dan tulang serta sendi dapat lebih ringan dan mudah bergerak.

Ternyata air hangat membawa sejuta manfaat untuk kesehatan salah satunya untuk meringankan atau bahkan menyembuhkan penyakit asam urat dengan melakukan terapi. Sumber air hangat yang paling tepat untuk digunakan adalah solar water heater seperti yang dijelaskan di atas.

Oleh: intisolar.com