News & Event

Mandi Air Hangat Meningkatkan Kualitas Tidur

Analisis menunjukkan bahwa mandi air hangat mampu meningkatkan total waktu tidur. Mandi air hangat juga membantu mendapatkan gelombang lambat tidur dan kualitas tidur subjektif. Efisiensi tidur dan latensi awal tidur, atau jumlah waktu yang diperlukan untuk tertidur. juga bisa diraih dengan berendam air hangat. Data menunjukkan bahwa mereka yang mandi air hangat dari pemanas air tenaga surya, rata-rata bisa tertidur 10 menit lebih awal.

Manfaat Tidur Bagi Manusia

Apakah Manfaat tidur bagi manusia?  Menurut pendapat dari berbagai sumber, banyak manfaat didapatkan dari pola tidur yang baik, diantaranya:

Tubuh menjadi lebih sehat. Mempunyai waktu tidur yang baik mengurangi resiko terpapar penyakit seperti serangan jantung, diabetes dan obesitas.

Meningkatkan mutu sex. Kehidupan sex menjadi buruk, mungkin disebabkan karena kelelahan. Salah satu cara untuk mengembalikan performanya adalah dengan memiliki waktu tidur yang baik.

Tidur dapat pula meredakan rasa nyeri. Dari beberapa penelitian menyebutkan adanya hubungan antara kurang tidur dengan ambang nyeri yang rendah. Pada umumnya, nyeri menyebabkan sulit tidur. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pereda rasa nyeri yang memberikan efek mengantuk.

Menurunkan resiko cedera. Dengan memiliki waktu tidur yang baik, akan meningkatkan konsentrasi ketika tubuh melakukan aktifitas. Sehingga memperkecil terjadinya cedera.

Memperbaiki suasana hati. Kurang tidur akan mempengaruhi suasana emosional seseorang. Kondisi emosional yang tidak stabil akan menyebabkan tertawa dan menangis tidak terkendali.

Mengontrol berat badan. Pernahkah Anda bekerja hingga larut malam dan merasa ingin makan terus? Tubuh kita memiliki hormon Leptin yang berfungsi mengontrol rasa kenyang. Kurang tidur dapat mengakibatkan penurunan hormon Leptin pada tubuh. Hal ini mengakibatkan timbulnya rasa lapar pada tubuh.

Meningkatkan daya pikir. Kurang tidur menyebabkan kurangnya daya pikir, konsentrasi, dan kemampuan mengambil keputusan.

Meningkatkan daya ingat. Waktu tidur otak akan memproses dan memperkuat ingatan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat mencegah terjadinya flu biasa. Telah dilakukan penelitian pada 150 orang dengan memonitoring kebiasaan tidurnya selama 2 minggu. Lalu memberinya virus influenaza. Orang yang tidur kurang dari 7 jam pada malam hari selama lebih dari 3x maka lebih mudah terinfeksi penyakit influenza dari pada orang yang tidur 7-8 jam sehari.

Baca juga: Manfaat Pemanas Air Tenaga Matahari untuk Keramas Setelah Kehujanan

Tanda-Tanda Tidur Berkualitas

Tidur berkualitas dapat ditinjau dari beberapa faktor.  Diantaranya durasi yaitu lamanya waktu tidur seseorang. Normalnya, orang dewasa tidur dalam waktu 7-8 jam per hari. Namun, menurut Edward, orang Indonesia ternyata rata-rata tidur 6,5 jam per hari.

Ciri kedua adalah kontinuitas. Ini dapat dilihat dari waktu tidur yang tidak terhenti hingga saat bangun esok hari. Bila terjaga di tengah malam,  bisa menjadi indikasi kita memiliki gangguan tidur.

Tidur yang berkualitas juga ditandai dengan kedalaman tidur atau tingkat kenyenyakan. Tidur yang nyenyak membuat tubuh merasa segar keesokan harinya dan siap memulai aktivitas.

Bagaimana caranya meningkatkan kualitas tidur harian kita?

Menurut penelitian dari para ilmuwan di University of Texas di Austin, mandi air hangat dari pemanas air tenaga surya, satu atau dua jam sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Suhu tubuh manusia mengikuti ritme sirkadian yang bervariasi sepanjang hari, kata Shahab Haghayegh, Ph.D dari Departemen Teknik Biomedis universitas, yang memimpin penelitian. Sekitar satu setengah jam sebelum kita pergi tidur, tubuh kita mendingin sekitar 0,5 hingga 1 derajat Fahrenheit.

Baca juga: https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1087079218301552

Salah satu penyebabnya adalah hipotalamus di otak mengatur suhu tubuh serta sejumlah fungsi lain, termasuk siklus tidur-bangun.

Haghayegh mengatakan bahwa air hangat dari pemanas air tenaga surya dapat merangsang sistem termoregulasi tubuh karena meningkatkan proses pendinginan alami tubuh.

Menurut hasil penelitian timnya, yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Medicine Reviews, suhu antara 104 hingga 109 derajat Fahrenheit ideal untuk memaksimalkan efeknya.

 

Oleh: intisolar.com