Artikel, News & Event

Manfaat Pemanas Air Tenaga Matahari untuk Mandi Cuka Apel

Pemanas air tenaga matahari kini banyak digunakan baik di kota besar atau pedesaan sebagai produk pemanas air serbaguna. Mengapa demikian? karena selain digunakan untuk mandi atau berendam air hangat, water heater juga bisa dimanfaatkan untuk mengisi kolam renang. Mandi air hangat tanpa campuran apa pun mungkin sudah cukup efektif untuk menghilangkan stress dan melepaskan lelah. Tapi dengan menambahkan sedikit air cuka apel, mandi air hangat akan terasa lebih menyegarkan.

Manfaat Pemanas Air Tenaga Matahari untuk Mandi Cuka Apel

Cuka apel merupakan bahan alami yang biasa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit. Jerawat, flek hitam dan bekas jerawat semuanya bisa dihilangkan dengan campuran cuka apel. Berikut ini manfaat mandi atau berendam air hangat cuka apel:

1. Mengatasi Kulit Kering

Pekerjaan yang terlalu banyak terkadang membuat kita tidak memiliki banyak waktu untuk merawat kecantikan kulit. Meskipun bisa curi-curi pergi ke salon kecantikan, namun tubuh tetap membutuhkan perawatan sehari-hari. Salah satu cara merawat kulit agar tetap lembab adalah dengan mandi air hangat bersama campuran cuka apel. Caranya pun sangat mudah, nyalakan solar water heater lalu isi dengan cuka apel secukupnya. Berendamlah selama beberapa menit hingga kandungan cuka apelnya meresap dengan baik.

2. Melawan Ketombe

Selain dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kering, cuka apel juga bisa dimanfaatkan untuk melawan ketombe nakal. Gosok kulit kepala dan rambut menggunakan air cuka apel dan lakukan massage selama beberapa menit. Setelah itu bilas rambut dan kulit kepala dengan shower air hangat. Air hangat akan membantu penyerapan cuka apel secara optimal, apalagi bila yang digunakan adalah pemanas air tenaga surya.

3. Mengobati Kutil dan Jerawat

Selain hilangkan ketombe, pemakaian cuka apel yang benar bisa mengatasi jerawat dan kutil dengan baik. Ambil baskom berukuran kecil lalu teteskan cuka apel secukupnya. Baskom sebelumnya telah diisi terlebih dahulu dengan air hangat. Tempatkan wajah di atas uap panas yang berasal dari air hangat campuran cuka apel. Lakukan penguapan ini selama beberapa menit. Selain menggunakan cara tersebut, kita bisa melakukan cara lain seperti mencelupkan kapas ke air hangat yang sudah ditambahkan cuka apel.

4. Menghilangkan Bau Badan

Manfaat memasang pemanas air tenaga solar agar bisa mandi dan berendam air hangat kapan saja. Cukup teteskan cuka apel secukupnya dan berendam selama beberapa menit maka masalah bau badan bisa segera di atasi. Cara ini sangat mudah, murah dan tidak menimbulkan efek samping.

Menghilangkan jerawat, ketombe dan masalah kulit lainnya bisa dilakukan dengan cuka apel. Agar jauh lebih efektif gunakan air hangat yang diperoleh dari pemanas air tenaga matahari. Air hangat dicampur dengan cuka apel bekerja dengan lebih baik sebagai media pengobatan daripada air dingin.

Oleh: intisolar.com