News & Event

Tips Menanak Nasi dengan Air Hangat dari Pemanas Air Tenaga Surya

Pemanas air tenaga surya saat ini menjadi salah satu jenis pemanas yang banyak dicari oleh masyarakat. Varian pemanas ini menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi utama untuk bekerja. Berbeda dengan pemanas air tenaga listrik yang memerlukan biaya langganan listrik bulanan yang tak sedikit. Sinar matahari juga merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui sehingga penggunaannya tidak menyebabkan pemanasan global layaknya listrik.

Tips menanak nasi hemat listrik dengan pemanas ai tenaga surya

Pada saat tagihan pembayaran listrik datang, banyak yang mengeluh atas terjadinya kenaikan tagihan secara signifikan. Selain dapat membuat pengeluaran semakin membengkak, ternyata penggunaan listrik secara berlebih dapat meningkatkan krisis energi yang berdampak pada pemanasan global. Saat ini energi listrik sudah menjadi salah satu kebutuhan primer masyarakat dalam menjalani kehidupan. Ada banyak sekali aktivitas yang menggunakan listrik mulai dari memasak, menyetrika, mengisi daya hingga menanak nasi dan masih banyak lagi.

Penghematan listrik dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan menerapkan solar water heater di rumah. Adanya pemanas air bertenaga surya dapat menekan jumlah konsumsi listrik setidaknya dalam beberapa hal. Pertama, Anda dan keluarga dapat menghemat pengeluaran dan penggunaan listrik untuk memperoleh air hangat. Air hangat dengan suhu yang dapat diatur dengan mudah dapat mengalir untuk berbagai keperluan sepanjang hari.

Keuntungan yang selanjutnya adalah dapat menghemat penggunaan listrik dalam menanak nasi. Kini menanak nasi dilakukan dengan rice cooker yang memerlukan energi listrik. Kenaikan tagihan listrik sering dikarenakan oleh salah satu alat elektronik tersebut. Rice cooker akan menaikkan suhu beras yang dimasak dengan air hingga mencapai suhu tertentu barulah nasi akan matang. Jika diawali dengan air yang sudah bersuhu tinggi seperti yang dihasilkan pemanas air tenaga matahari, maka kebutuhan listrik dapat terpangkas efektif.

Perlu diketahui bahwa sebuah rice cooker memiliki daya listrik yang cukup tinggi yakni kisaran 200 sampai 400 watt. Daya sebesar itu dapat ditekan dengan mempersingkat waktu penanakan nasi menggunakan rice cooker. Penyingkatan waktu dapat dilakukan dengan mengganti air biasa dengan air hangat untuk menanak beras. Waktu penanakan nasinya juga akan cenderung lebih singkat.

Caranya sangat mudah yakni tinggal cuci bersih beras dengan takaran secukupnya. Setelah itu, tuangkan air panas yang dihasilkan pemanas air tenaga solar sesuai takaran. Lalu masukkan ke dalam rice cooker dan hubungkan pada listrik. Setelah beberapa waktu, nasi pun akan matang. Tentu saja waktu yang diperlukan akan lebih singkat karena air akan sudah bersuhu tinggi.

Ternyata pemanas air tenaga surya tidak hanya menghasilkan air hangat yang dapat digunakan untuk mandi ataupun mencuci namun juga dapat dimanfaatkan untuk menanak nasi menggunakan rice cooker. Karena kondisi airnya sudah hangat, maka energi listrik yang diperlukan juga dapat berkurang secara signifikan.

Oleh: intisolar.com